Berat badan bocah Thailand terjebak dalam gua turun 2 kilogram

Rabu, 11 Juli 2018 15:03 Reporter : Pandasurya Wijaya
bocah tim sepak bola thailand moo pa. ©Facebook

Merdeka.com - Dua belas bocah tim sepak bola Moo Pa yang terjebak di dalam gua Tham Luang, sebelah utara Thailand, mengalami penurunan berat badan akibat kurang makan dan minum selama lebih dari dua pekan di dalam gua.

Meski begitu, kata pejabat kesehatan Dr Thongchai Lertwilairatanapong, kondisi anak-anak dalam keadaan sehat.

"Dari hasil pemeriksaan kami, mereka dalam kondisi baik dan tidak stres. Rata-rata mereka kehilangan berat badan sebanyak 2 kilogram," kata Dr Thongchai hari ini, seperti dilansir laman the Straits Times, Rabu (11/7).

"Tak satu pun dari mereka mengalami kekurangan makan serius. Manusia bisa bertahan tanpa makan selama berbulan-bulan asalkan tetap minum," kata dia. "Mereka semua dalam kondisi baik."

Selain itu, kata Thongchai, karena mereka terjebak bersama, maka emosi mereka masih terkendali. Mereka saling menolong berkat arahan pelatihnya (asisten pelatih Ekkapol Chantawong).

"Salah satu dari lima orang terakhir yang dibawa ke sini Selasa malam memperlihatkan gejala gangguan paru-paru," kata Thongchai dalam jumpa pers di Rumah Sakit Chiang Rai Prachnukroh. Dua anak juga dilaporkan mengalami pneumonia ringan.

Petugas media juga memberi mereka antibiotik, vaksin rabies dan tetanus.

Sampel darah mereka juga sudah diambil untuk dikirim ke Bangkok guna pemeriksaan apakah ada penyakit yang menjangkiti mereka ketika di dalam gua. Hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan delapan anak pertama tidak ada tanda-tanda melioidosis, leptospirosis, tipus.

Dokter sebelumnya khawatir mereka terkena penyakit yang dibawa oleh kelelawar, infeksi jamur yang biasa dikenal 'penyakit gua' atau bakteri air karena berdiam di atas tanah gua cukup lama. [pan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini