Benda Mengejutkan Ditemukan di Dasar Sungai Mengering di Italia

Senin, 8 Agustus 2022 15:42 Reporter : Merdeka
Benda Mengejutkan Ditemukan di Dasar Sungai Mengering di Italia Penemuan bom Perang Dunia II di Sungai Po Italia. ©REUTERS/Flavio Lo Scalzo

Merdeka.com - Sebuah bom Perang Dunia II yang tidak meledak ditemukan di dasar sebuah sungai di Italia akibat kekeringan yang ekstrem. Bom seberat 450 kilogram tersebut ditemukan oleh nelayan di tepi Sungai Po yang mulai kehilangan airnya.

Dikutip dari BBC, Senin (8/8), sungai sepanjang 650 kilometer (400 mil) itu mengalami kekeringan di sebagian besar wilayah akibat kekeringan terburuk di Italia selama 70 tahun terakhir.

Cuaca panas yang tidak biasa dan tingkat curah hujan yang rendah memperparah kondisi kurangnya air di Italia utara dan meningkatkan kekhawatiran tentang dampak perubahan iklim.

"Bom itu ditemukan oleh nelayan di tepi Sungai Po," sebut pejabat militer Kolonel Marco Nasi.

Benda yang tidak meledak itu, menurut pejabat militer Italia mengandung 240 kilogram bahan peledak. Bom itu ditemukan di dekat desa Lombardy, Borgo Virgilio bulan lalu.

Sekitar 3.000 penduduk sekitar dievakuasi supaya ahli penjinak bom dapat dengan aman melakukan peledakan terkendali pada hari Minggu.

"Awalnya, beberapa penduduk mengatakan mereka tidak akan pindah, tetapi akhirnya para penduduk dapat terbujuk untuk berpindah," kata walikota setempat Francesco Apori.

Wilayah udara daerah itu juga ditutup untuk sementara waktu, beserta lalu lintas sungai di jalur air tersebut.

Po adalah sungai terpanjang di Italia, mengalir dari barat daya Alpen ke Laut Adriatik, namun citra satelit dari tahun ini menunjukkan perluasan dasar sungai yang mengering akibat kekeringan ekstrem.

Pejabat Italia mengumumkan keadaan darurat bulan lalu untuk daerah sekitar Po, yang mengairi sekitar sepertiga dari produksi pertanian negara itu.

Arus sungai menjadi sangat lemah karena panas dan kurangnya curah hujan dalam beberapa bulan terakhir, sehingga para petani di Lembah Po mengatakan air laut yang asin sekarang merembes ke sungai dan menghancurkan tanaman.

Reporter Magang: Gracia Irene

Baca juga:
Italia Kekeringan Parah, Pemerintah Tetapkan Darurat Nasional dan Air Minum Dijatah
Fosil Kura-Kura Hamil yang Terkubur 2.000 Tahun Lalu Ditemukan di Situs Pompeii
Paus Fransiskus Cium Kaki Narapidana di Penjara Italia
Bus Berpenumpang Pengungsi Ukraina Terguling di Italia

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini