Benda Mencurigakan Ditemukan di Sejumlah Kantor Konsulat Asing di Australia

Rabu, 9 Januari 2019 17:18 Reporter : Pandasurya Wijaya
Benda Mencurigakan Ditemukan di Sejumlah Kantor Konsulat Asing di Australia kantor konsulat india di melbourne. ©Photo/Agencies

Merdeka.com - Sejumlah kantor konsulat asing di Kota Melbourne dan Canberra, Australia, dievakuasi menyusul ditemukannya beberapa benda mencurigakan.

Polisi, petugas pemadam kebakaran, dan ambulans dikerahkan ke kantor konsulat India, Jerman, Italia, Spanyol, dan Korea Selatan. Situs resmi pemerintah Negara Bagian Victoria mencatat ada setidaknya 10 benda mengandung unsur berbahaya di lokasi kantor konsulat asing itu.

"Kondisi terkait insiden ini sedang diselidiki," ujar pernyataan Kantor Polisi Federal Australia, seperti dilansir laman China Daily, Rabu (9/12).

Stasiun televisi ABC melaporkan benda mencurigakan juga ditemukan di konsulat Amerika Serikat, Swiss, Pakistan, dan Selandia Baru di Kota Melbourne. Selain itu kemungkinan benda berbahaya itu juga ada di konsulat Jerman, Prancis, dan Hong Kong.

Sejauh ini belum diketahui kantor diplomatik negara mana yang terkena teror ini di Ibu Kota Canberra.

ABC menuturkan, seorang pegawai konsulat Selandia Baru mengatakan paket mencurigakan itu berupa amplop dengan label bertuliskan 'asbes'. Di dalamnya terdapatnya plastik roti gulung berisi benda berserat.

Di kantor konsulat India di Melbourne dua mobil pemadam kebakaran, sebuah kendaraan anti-benda beracun, dikerahkan dan sejumlah mobil polisi tampak berjaga. Beberapa orang juga tampak memakai masker pelindung.

Sejumlah pegawai kemudian dibolehkan kembali masuk ke kantor mereka setelah petugas dari pemerintah negara bagian mengatakan kawasan itu aman.

Insiden ini menyusul kasus kantor konsulat Argentina di Sydney yang dievakuasi dua hari lalu setelah ada laporan benda mencurigakan. Amplop berisi bubuk di dalam kantong plastik ditemukan di kantor itu namun ternyata benda itu tidka berbahaya. [pan]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Australia
  3. Benda Mencurigakan
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini