Bawa Pesan Persatuan, Presiden Mesir Resmikan Gereja dan Masjid Bersamaan

Selasa, 8 Januari 2019 09:33 Reporter : Merdeka
Bawa Pesan Persatuan, Presiden Mesir Resmikan Gereja dan Masjid Bersamaan ILustrasi gereja katedral gothic. ©2014 Merdeka.com/pixgood.com

Merdeka.com - Presiden Mesir, Abdel Fatah el-Sissi meresmikan gereja Ortodoks Koptik bernama Katedral Natal dan juga Masjid Al Fattah Al Alim secara bersamaan pada Minggu (6/1) lalu. Dua bangunan tempat ibadah ini berada di ibukota administratif Mesir dan merupakan sebuah proyek infrastruktur besar yang terletak 45 kilometer di timur Kairo.

Dalam sebuah pidato singkat, el-Sissi mengatakan pembukaan masjid dan katedral ini membawa pesan persatuan bagi segenap bangsa Mesir.

"Kami adalah satu dan kami akan tetap menjadi satu," kata el-Sissi, merujuk pada komunitas muslim dan kristiani di Mesir. "Ini adalah momen penting dalam sejarah kita," imbuhnya dikutip dari dw.com, Senin (7/1).

Ulama terkemuka Mesir, Ahmed al-Tayeb, berpesan kepada para jemaah agar melindungi masjid dan juga gereja. "Jika hukum Islam mengharuskan umat Islam untuk melindungi masjid, itu sama-sama mengharuskan umat Islam untuk melindungi gereja," pesannya merujuk pada peningkatan jumlah serangan terhadap komunitas Kristen Koptik Mesir.

Televisi nasional Mesir menyiarkan foto-foto kehadiran para pemimpin Timur Tengah, seperti Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Ketua Liga Arab Ahmed Aboul Gheit, serta pejabat tinggi lokal dan asing lainnya. Di Twitter, Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyampaikan pujian untuk peresmian masjid dan gereja ini.

Pembukaan bersejarah itu dilakukan sehari setelah ledakan bom terjadi di dekat sebuah gereja Koptik di distrik Nasr City, Kairo. El-Sissi mengajak mengheningkan cipta untuk mengenang seluruh korban tewas dalam ledakan yang mencabut nyawa dua petugas polisi dan seorang warga sipil. Saat acara ini berlangsung, keamanan sekitar lokasi juga sangat ketat.

Reporter: Happy Ferdian Syah Utomo

Sumber: Liputan6.com [noe]

Topik berita Terkait:
  1. Mesir
  2. Kerukunan Umat Beragama
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini