Baru Terpilih, Perdana Menteri Perempuan Pertama Swedia Langsung Mundur

Kamis, 25 November 2021 17:08 Reporter : Pandasurya Wijaya
Baru Terpilih, Perdana Menteri Perempuan Pertama Swedia Langsung Mundur Magdalena Andersson. ©Erik Simander /TT News Agency/via REUTERS

Merdeka.com - Perdana Menteri perempuan pertama Swedia dari Partai Demokrat Sosial Magdalena Andersson mengundurkan diri kurang dari 12 jam setelah dia terpilih karena Partai Hijau memilih keluar dari koalisi.

Namun Andersson mengatakan dia sudah menyampaikan kepada ketua dewan perwakilan rakyat bahwa dirinya berharap terpilih lagi menjadi perdana menteri karena pemerintahan hanya dikuasai satu partai dan dia mendapat banyak dukungan dari partai-partai lain.

Partai Hijau memutuskan mundur dari koalisi setelah parlemen menolak anggaran yang disusun koalisi.

"Saya sudah meminta ketua DPR untuk membebaskan saya dari tugas sebagai perdana menteri," ujar Andersson dalam jumpa perse, seperti dilansir laman Reuters, Kamis (25/11).

"Saya siap menjadi perdana menteri lagi dalam pemerintahan satu partai, Demokrat Sosial."

Partai Hijau mengatakan akan mendukung Andersson dalam pemilihan di parlemen, sementara Partai Tengah memilih abstain yang berarti secara praktik sama dengan mendukung Andersson. Partai Kiri juga mengatakan akan mendukung dia.

Meski partai-partai ini tidak sepakat dalam soal anggaran, mereka sama-sama ingin Demokrat Swedia, partai populis yang anti-imigran berperan dalam pemerintahan.

"Partai Tengah akan membuka pintu bagi Andersson untuk menjadi perdana menteri," kata pemimpin partai Annie Loof, dalam cuitannya di Twitter.

"Kami akan memastikan lagi, rakyat Swedia bisa memiliki pemerintahan yang tidak bergantung pada Demokrat Swedia."

Kubu oposisi dari kaum moderat dan Demokrat Kristen yang dikudung Demokrat Swedia, tidak mampu meraih suara mayoritas di parlemen. [pan]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Swedia
  3. Ragam Konten
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini