Barack Obama kembali ke dunia politik

Jumat, 20 Oktober 2017 15:35 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Barack Obama. © Getty Images

Merdeka.com - Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama kembali ke arena politik untuk pertama kalinya setelah beberapa bulan tidak lagi menjabat presiden negara adikuasa.

Selama ini Obama juga menghindari konfrontasi langsung dengan penggantinya di Gedung Putih, Donald Trump.

Mantan presiden AS berusia 56 tahun itu dijadwalkan untuk menghadiri kampanye politik di New Jersey dan Virginia pada hari ini untuk mendukung kandidat dari Partai Demokrat menjadi Gubernur.

"Hanya ada dua pemilihan besar tahun ini, untuk gubernur di New Jersey dan Virginia," kata profesor ilmu politik Larry Sabato kepada AFP, seperti dilansir Channel News Asia, Kamis (19/10).

Belum jelas apa pesan Obama nantinya. Mantan pemimpin AS tersebut sebagian besar terlepas dari perdebatan politik sejak meninggalkan kantor pada 20 Januari, sesuai dengan tradisi kepresidenan.

Trump telah menggunakan sembilan bulan pertamanya di Gedung Putih, yang secara metodis menghancurkan kebijakan administrasi Obama yang utama.

Setelah tiga bulan berlibur, Obama mulai menulis memoarnya. Dia hanya sedikit berbicara di depan umum dan hampir tidak memberikan wawancara.

Beberapa kali Obama mengomentari isu-isu kepentingan nasional, seperti imigrasi, perawatan kesehatan dan perubahan iklim.

Namun presiden ke-44 tersebut mungkin tergoda untuk mengomentari Trump, yang sering dan secara terbuka mengkritik kebijakan [pan]

Topik berita Terkait:
  1. Barack Obama
  2. Amerika Serikat
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini