Bantu Siswa Miskin, Malaysia Luncurkan Program Makan Gratis di Sekolah

Rabu, 22 Januari 2020 16:04 Reporter : Merdeka
Bantu Siswa Miskin, Malaysia Luncurkan Program Makan Gratis di Sekolah makan gratis di sekolah malaysia. ©Facebook

Merdeka.com - Pemerintah Malaysia dua hari lalu memberikan bantuan makanan gratis bagi sekitar 4.000 siswa dari 100 sekolah di seantero negeri sebelum kelas dimulai. Hal ini merupakan bagian dari program pemerintah untuk membantu siswa miskin, yang tidak mampu membeli makanan yang layak di rumah.

Laman the Straits Times melaporkan, Selasa (21/1), dengan program makanan tambahan yang diluncurkan oleh Departemen Pendidikan pada hari Senin, siswa yang masuk pagi akan mendapatkan sarapan gratis antara pukul 07.00 dan 07.30 pagi, sementara mereka yang masuk siang akan mendapatkan makan siang antara pukul 12.30 dan 14.00.

Langkah ini merupakan perluasan dari program makanan gratis yang ada untuk siswa yang kurang mampu yang pertama kali diterapkan pada tahun 1979.

1 dari 2 halaman

Di bawah program baru ini, selain dari siswa yang kurang mampu, anak-anak penyandang cacat, mereka yang berada di komunitas pribumi, Orang Asli serta siswa yang kurang mampu dari sekolah dasar juga akan mendapat manfaat.

"Kami ingin fokus pada anak-anak yang sangat miskin, untuk memastikan bahwa mereka tidak lapar ketika mereka memulai kelas untuk hari itu," kata Direktur Jenderal Pendidikan Dr Habibah Abdul Rahim dikutip dari The Sun.

Perdana Menteri Mahathir Mohamad, yang juga Penjabat Menteri Pendidikan, mengatakan pekan lalu bahwa rencana sarapan gratis untuk siswa akan ditargetkan pada orang kurang mampu, mengutak-atik rencana oleh menteri pendidikan sebelumnya untuk memberi makan semua siswa terlepas dari latar belakang sosial ekonomi mereka.

2 dari 2 halaman

Fase pertama dari program ini akan membutuhkan biaya RM22 juta (Rp 73 miliar), melibatkan anak-anak dari kelompok yang disebut B40 atau Bawah 40, yang pendapatan median rumah tangga bulanannya lebih rendah dari RM3.000.

Pemerintah juga memperluas program ini dengan memberikan bantuan makanan bagi mahasiswa kurang mampu di 123 universitas dan perguruan tinggi.

Reporter: Benedikta Miranti Tri Verdiana

Sumber: Liputan6.com [pan]

Baca juga:
Antisipasi Virus Mirip SARS, Malaysia Pasang Pemindai Suhu di Bandara
Malaysia Kirim Balik 150 Kontainer Sampah Plastik ke Empat Negara
WNI Kembali Disandera Abu Sayyaf, Wamenlu Salahkan Malaysia
Jenius, Anak Tiga Tahun Asal Malaysia Masuk Komunitas IQ Tertinggi di Dunia
Abu Sayyaf Kembali Culik Lima Nelayan Indonesia di Perairan Sabah
Lapor Gatal-gatal, TKI di Malaysia Malah Mau Dipukul Petugas Tahanan

Topik berita Terkait:
  1. Malaysia
  2. Pendidikan
  3. Kemiskinan
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini