Bantah omongan Erdogan, Rusia tegaskan tetap dukung Assad

Kamis, 27 April 2017 08:31 Reporter : Pandasurya Wijaya
Bantah omongan Erdogan, Rusia tegaskan tetap dukung Assad Basyar al-Assad temui Vladimir Putin di Moskow. ©Reuters

Merdeka.com - Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kemarin menegaskan Rusia tetap mendukung Presiden Suriah Basyar al-Assad dan soal nasib dia selanjutnya hanya boleh ditentukan oleh rakyat Suriah.

"Terkait dukungan kepada Assad, posisi Rusia dan Presiden Valdimir Putin tetap tidak berubah, masih konsisten, dan semua sudah tahu," kata Peskov, seperti dilansir stasiun televisi Press TV, Rabu (26/4).

Pernyataan Peskov itu muncul hanya sehari setelah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan dalam sebuah wawancara dengan kantor berita Reuters, Putin mengatakan kepada dia, "Saya bukan penasihat Assad, saya bukan pengacaranya."

Peskov menuturkan pernyataan Putin itu buakn sesuatu yang baru dan dia sudah pernah mengatakan hal seperti itu.

Putin, kata Peskov, adalah pengacara dan pembela hukum internasional dan dia mendukung kebijakan yang menolak pihak ketiga menentukan nasib sebuah bangsa.

"Dia (Putin) percaya, masa depan Suriah dan pemimpinnya tidak bisa ditentukan di Ankara, atau Washington, Paris, Berlin, atau Moskow. Menentukan nasib sendiri adalah hal penting bagi rakyat Suriah," ujar Peskov.

Di hari yang sama Peskov mengatakan itu, Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir mengunjungi Moskow dan dia mengatakan tidak ada agenda politik untuk menentukan nasib presiden Suriah itu. [pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini