Bank Dunia Gelontorkan Rp176 Triliun Bantu Negara Berkembang Beli Vaksin Covid-19

Rabu, 14 Oktober 2020 19:06 Reporter : Hari Ariyanti
Bank Dunia Gelontorkan Rp176 Triliun Bantu Negara Berkembang Beli Vaksin Covid-19 Ilustrasi Vaksin Covid-19. ©2020 REUTERS

Merdeka.com - Bank Dunia menyetujui dana sebesar USD12 miliar atau sekitar Rp176,8 triliun kepada negara berkembang untuk membeli dan mendistribusikan vaksin virus corona, tes, dan pengobatan penyakit tersebut.

"Pendanaan, yang bertujuan mendukung vaksinasi hingga miliaran orang, adalah bagian keseluruhan paket Kelompok Bank Dunia (WBG) sampai USD160 miliar sampai pada Juni 2021 untuk membantu negara berkembang mengatasi pandemi Covid-19," jelas pernyataan Bank Dunia, dilansir Alarabiya, Rabu (14/10).

Dalam pernyataan itu, Bank Dunia juga mengatakan pendanaan ini dapat membantu penelitian dan industri farmasi, karena warga negara di negara berkembang juga memerlukan akses ke vaksin Covid-19 yang aman dan efektif.

Selain itu, paket terbaru pembiayaan ini akan memungkinkan negara berkembang untuk mempersiapkan penyebaran vaksin setelah vaksin tersedia.

"Kami memperpanjang dan memperluas pendekatan jalur cepat kami untuk menangani keadaan darurat Covid sehingga negara berkembang memiliki akses yang adil dan setara terhadap vaksin," jelas kepala Bank Dunia, David Malpass.

Data terbaru dari Pusat Sumber Daya Virus Corona John Hopkins menyebutkan jumlah kematian akibat virus corona mencapai angka 1.083.875 secara global. Jumlah total kasus global mencapai 38 juta dengan AS, India, Brasil, dan Rusia masing-masing sebagai empat negara dengan angka tertinggi. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Vaksin Covid 19
  3. Bank Dunia
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini