Awalnya Menolak, Brasil Akhirnya Terima Bantuan untuk Atasi Kebakaran Amazon

Rabu, 28 Agustus 2019 12:09 Reporter : Merdeka
Awalnya Menolak, Brasil Akhirnya Terima Bantuan untuk Atasi Kebakaran Amazon Calon Presiden Brasil Jair Bolsonaro. REUTERS/Diego Vara

Merdeka.com - Brasil mengumumkan akan menolak bantuan dana sebesar USD 20 juta untuk menangani kebakaran hutan hujan Amazon. Sebaliknya, Presiden Brasil, Jair Bolsonaro tidak setuju dengan penolakan dana bantuan tersebut.

Sebelumnya, Kantor komunikasi khusus untuk Presiden Bolsonaro menyampaikan, Brasil akan menolak uang yang dijanjikan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Prancis, dua hari lalu. Namun satu jam setelahnya, Presiden Bolsonaro justru mengemukakan pernyataan berbeda.

"Apakah saya mengatakan (penolakan dana) itu? Apakah saya? Apakah Jair Bolsonaro yang mengatakannya?" tanyanya kepada wartawan di luar kediaman presiden, seperti yang dilansir dari laman CNN pada Selasa (27/8).

Bolsonaro menambahkan, dirinya akan menanggapi tawaran bantuan dana setelah Presiden Prancis Emmanuel Macron menarik ucapan yang menghina dirinya. Diketahui, sejak kebakaran besar melanda hutan hujan Amazon, Macron mempelopori upaya untuk menggalang bantuan pada KTT G7.

Kebakaran Amazon telah menimbulkan perselisihan antara Macron dan Bolsonaro. Macron dikabarkan sempat menuduh Bolsonaro berbohong kepadanya soal komitmen iklim selama negosiasi perdagangan.

Bahkan perselisihan keduanya sempat merembet ke ranah pribadi, ketika seorang pengguna di halaman Facebook Bolsonaro membandingkan penampilan istrinya dengan istri Presiden Macron. Akun tersebut menyiratkan bahwa Macron iri dengan penampilan ibu negara Brasil itu. Unggahan tersebut ditanggapi Bolsonaro dengan menulis, "Jangan mempermalukan orang itu.. haha."

Menanggapi perselisihan antara dua pemimpin negara tersebut Kepala Staf Kepresidenan Brasil Onyx Lorenzoni berpendapat, uang yang ditawarkan pada Brasil seharusnya bisa digunakan untuk penghijauan kembali hutan di Eropa.

"Macron tidak dapat menghindari kebakaran sebuah gereja di Situs Warisan Dunia yang seharusnya bisa dicegah, dan (sekarang) dia ingin menunjukkan kepada kita sesuatu untuk negara kita? Dia memiliki banyak hal unjuk dijaga," ujar Onyx pada Senin malam, menyinggung tentang kasus kebakaran Katedral Notre Dame bulan April lalu.

Dalam pertemuan dengan gubernur negara-negara yang terkena dampak kebakaran, Bolsonaro menunjukkan nada damai. Bolsonaro mengumumkan bahwa tidak ada seorang pun dalam pemerintahannya yang menentang negosiasi dengan Prancis.

"Kami justru berterima kasih kepada G7 atas upayanya (membantu Amazon)," katanya.

Namun, di saat yang sama Bolsonaro juga mengingatkan agar Presiden Macron berpikir ulang sebelum mengurusi Brasil dan meninggalkan situasi rumit di negaranya sendiri.

Setelah Presiden Bolsonaro memerintahkan militernya untuk terlibat operasi pemadaman kebakaran hutan, aktivitas kebakaran Amazon dikabarkan menurun. Data satelit yang dihimpun oleh layanan pemantauan Eropa Copernicus (CAMS) menunjukkan, hingga minggu terakhir Agustus aktivitas kebakaran Amazon cenderung normal, dibandingkan dengan data tahun 2003.

"Selama beberapa hari terakhir, aktivitas kebakaran tampaknya secara umum berada di bawah rata-rata, dibandingkan dengan 16 tahun sebelumnya dalam dataset GFAS," jelas ilmuwan dan ahli kebakaran CAMS, Mark Parrington.

1 dari 2 halaman

Bantuan internasional

Bantuan Internasional

Presiden Chili, Sebastin Piera yang juga tergabung dalam KTT G7 mengumumkan dua tahapan baru untuk melawan kebakaran Amazon. Dia mengatakan, langkah pertama yaitu menangani keadaan darurat dan berkolaborasi dengan negara di sekitar Amazon yang terkena dampak kebakaran. Berikutnya, fokus pada upaya perlindungan keanekaragaman hayati Amazon sebelum melakukan reboisasi.

Piera berpendapat, dua langkah tersebut akan didiskusikan dengan Majelis Umum PBB pada bulan depan di New York untuk mendapat kesepakatan.

"Langkah kedua akan mungkin dilakukan, berkat kolaborasi antara negara-negara Amazon dan negara-negara-negara G7," ungkap Piera.

Presiden berusia 69 tahun itu menambahkan, upaya penyelamatan Amazon yang dilakukan asosiasi internasional akan tetap menghormati kedaulatan Brasil.

Beberapa waktu terakhir, Bolsonaro kerap melontarkan pendapat bahwa pembentukan aliansi internasional untuk menyelamatkan Amazon akan membuat Brasil seperti "tidak bertuan". Dirinya bahkan menyebut hal itu sebagai serangan terhadap kedaulatan negara.

2 dari 2 halaman

Dukungan Trump

CNN melaporkan, pemerintah Bolsonaro tengah berada di bawah tekanan internasional bahkan sebelum kasus kebakaran Amazon terjadi. Kritikan internasional mulai berdatangan atas kebijakan lingkungan selama pemerintahan Bolsonaro.

Setelah kasus kebakaran Amazon mencuat, di awal Agustus Jerman dan Norwegia kompak menunda kontribusi mereka untuk memberi aliran dana pada kawasan Amazon. Selama satu dekade terakhir, Norwegia diketahui telah menyumbangkan USD 1,2 miliar untuk dana konservasi yang dikelola oleh Bank Pembangunan Brasil. Sementara Jerman menyumbang USD 68 juta.

Kementerian Lingkungan Jerman pada awal bulan lalu menyampaikan, pihaknya menangguhkan program bantuan dana untuk Amazon. Donasi yang rencananya akan mencapai USD 39 juta ditangguhkan, karena keraguan Jerman atas upaya Brasil untuk mengatasi berkurangnya lahan hutan Amazon.

Di saat sejumlah pemimpin dunia melayangkan kritikan terhadap Bolsonaro, Presiden Amerika Serikat Donald Trump justru menyampaikan pujian lewat akun Twitternya. Menurut Trump, Bolsonaro melakukan pekerjaan besar dan tidak mudah.

"Dia (Bolsonaro) dan negaranya mendapat dukungan penuh dan lengkap dari AS!" tulis Trump.

Menanggapi unggahan Trump, Bolsonaro mengaku senang. "Dia hanya mencuit (dukungan) ini, dan ini adalah sesuatu yang sangat menyenangkan saya," ungkap Bolsonaro.

Reporter Magang: Anindya Wahyu Paramita

[pan]
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini