Australia kirimkan pesawat pengangkut 15 ton air ke Indonesia

Minggu, 11 Oktober 2015 13:08 Reporter : Muhammad Radityo
Australia kirimkan pesawat pengangkut 15 ton air ke Indonesia Kabut asap selimuti Thailand. ©2015 REUTERS/Sooppharoek Teepapan

Merdeka.com - Australia bakal kirimkan pesawat bantuan untuk Indonesia yang berguna memadamkan asap. Dalam konferensi pers di Graha badan Nasional Penanggulangan Bencana, Duta Besar Australia untuk Indonesia Paul Grigson, mengatakan bila bantuan ini murni mengemban misi kemanusiaan.

"Tidak ada embel-embel apapun, hal ini sudah seperti seharusnya, seperti Indonesia yang pernah membantu kami dalam musibah banjir besar beberapa tahun lalu di Australia," tutur Grigson, Jakarta, Minggu (11/10).

Dubes Grigson juga mengatakan bantuan yang akan diterjunkan meliputi water bombing menggunakan pesawat udara.

"Satu unit pesawat sejenis Hercules yang disebut Thor, pesawat water bombing ini mampu mengangkut air sebanyak 15 ton liter air," ujarnya.

Grigson menambahkan pesawat ini akan beroperasi selama lima hari di Indonesia. Pesawat ini rencananya akan langsung mendarat di Palembang pada Selasa atau Rabu mendatang.

Duta Besar dari Negeri Kanguru itu mengatakan, Australia baru memfokuskan untuk pemadaman saja, untuk masker atau bantuan kesehatan lainnya akan segera dikondisikan apabila ada permintaan lanjutan. [ard]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini