Aung San Suu Kyi direncanakan kunjungi Indonesia akhir Januari

Kamis, 5 Januari 2017 14:01 Reporter : Marcheilla Ariesta Putri Hanggoro
Aung San Suu Kyi direncanakan kunjungi Indonesia akhir Januari Menlu Retno bertemu Aung San Suu Kyi. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Duta Besar Myanmar untuk Indonesia Aung Htoo mengungkapkan rencana kedatangan Kanselir Negara Daw Aung San Suu Kyi ke Indonesia. Menurut Aung Htoo, Suu Kyi direncanakan berkunjung ke Indonesia akhir bulan ini.

"Kita rencanakan akhir Januari (Aung San Suu Kyi) akan ke Indonesia, namun semua masih kita atur," kata Aung Htoo saat ditemui media di Hotel Borobudur, Rabu (5/1).

Menurut Aung Htoo, kedatangan Suu Kyi masih diatur mereka.

Suu Kyi sendiri pada awal Desember lalu dijadwalkan ke Indonesia, namun kunjungannya tersebut dibatalkan. Diperkirakan pembatalan kedatangan Suu Kyi karena aksi damai 2 Desember lalu.

"Protes yang terjadi di Jakarta sepertinya satu set dengan demo Jumat mendatang. Diperkirakan akan menyinggung Rohingya," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri Myanmar Kyaw Zaya kala itu.

Kunjungan Suu Kyi kali ini diduga merupakan kunjungan balasan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pada awal Desember. Dalam pertemuan tersebut, Menlu Retno menyampaikan fokus Indonesia pada etnis Rohingya di Rakhine State.

Usai pertemuan dengan Menlu Retno, pemerintah Myanmar mengundang semua menlu negara anggota ASEAN untuk berkunjung ke negerinya. Dalam retreat, Suu Kyi membeberkan bagaimana kondisi terkini di Rakhine. [che]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini