AS Umumkan Resmi Mundur dari WHO Mulai Tahun Depan

Rabu, 8 Juli 2020 11:15 Reporter : Iqbal Fadil
AS Umumkan Resmi Mundur dari WHO Mulai Tahun Depan Donald Trump. ©2020 REUTERS/Leah Millis

Merdeka.com - Pemerintah Amerika Serikat secara resmi menyampaikan pemberitahuan kepada Badan Kesehatan Dunia (WHO) akan mundur dari keanggotaan mulai tahun depan dalam sebuah pernyataan yang disampaikan Selasa.

Badan PBB itu juga telah mengonfirmasi telah menerima surat dari Presiden Donald Trump yang memberi WHO satu tahun pemberitahuan tentang rencana menarik diri dari organisasi.

AS bergabung dengan WHO pada tahun 1948 dan saat ini telah menyumbang lebih dari USD200 juta. Kontribusi AS untuk WHO itu sekitar 15 persen dari anggaran organisasi.

Trump mengancam akan meninggalkan organisasi bulan lalu setelah mengklaim organisasi itu tidak tegas kepada China terkait virus corona.

"Karena mereka telah gagal melakukan reformasi yang diminta dan sangat dibutuhkan, kita hari ini akan memutuskan hubungan kita dengan Organisasi Kesehatan Dunia dan mengalihkan dana itu ke seluruh dunia lainnya dan layak mendapatkan kebutuhan kesehatan publik yang mendesak," kata Trump dalam pernyataannya seperti dikutip The Independent.

"Dunia membutuhkan jawaban dari China tentang virus corona. Kita harus memiliki transparansi," imbuhnya.

Baca Selanjutnya: Keputusan Trump ini mendapat reaksi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini