KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

AS tembak jatuh jet tempur Suriah yang akan serang ISIS

Senin, 19 Juni 2017 13:52 Reporter : Pandasurya Wijaya
SU-35 vs F-18 Super Hornet. ©istimewa

Merdeka.com - Pentagon hari ini mengatakan jet tempur Amerika Serikat kemarin menembak jatuh pesawat tempur pemerintah Suriah di sebelah barat daya Kota Raqqa, Suriah.

Pentagon menuturkan peristiwa itu terjadi beberapa jam setelah militer Suriah menyerang Pasukan Demokratik Suriah (SDF), tentara dukungan AS, di desa Ja'Din, sebelah barat Raqqa.

Insiden pesawat perang AS menembak jatuh jet tempur negara lain adalah pertama kali terjadi selama sepuluh tahun terakhir dan ini menjadi tanda kian intensifnya AS mengambil peran dalam konflik Suriah.

Koran the Washington Post melaporkan, Senin (19/6), dalam sebulan terakhir sudah empat kali militer AS menyerang pasukan pro pemerintah Suriah.

Pernyataan dari militer Suriah menyebutkan seorang pilot jet tempur mereka tewas dalam serangan itu. Sang pilot sedang dalam misi menyerang ISIS.

"Serangan ini memperkuat koordinasi antara AS dan ISIS dan membuktikan campur tangan AS dalam terorisme serta proyek AS-Zionis di kawasan," kata pernyataan militer ISIS.

Pentagon mengatakan, sebelum menembak jatuh jet Suriah, militer AS sudah berkomunikasi dengan Rusia, sekutu utama Suriah, untuk mencegah meningkatnya ketegangan.

Juru bicara Komando Pusat AS Kolonel John Thomas menuturkan, jet Suriah Su-22 menyerang pasukan SDF dengan melepaskan serangkaian tembakan. Tak jauh dari lokasi itu ada jet tempur AS F/A-18 yang kemudian menembak jatuh pesawat Suriah dengan alasan pertahanan diri untuk sesama rekan koalisi.

Thomas menolak klaim pemerintah Suriah yang mengatakan jet tempur mereka sedang dalam misi menyerang ISIS. Menurut Thomas, wilayah desa Ja'Din dikuasai SDF, bukan ISIS. [pan]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.