Arkeolog Temukan Lukisan Gua Tertua Dunia Berusia 45.500 Tahun di Sulawesi

Kamis, 14 Januari 2021 19:10 Reporter : Hari Ariyanti
Arkeolog Temukan Lukisan Gua Tertua Dunia Berusia 45.500 Tahun di Sulawesi Penemuan lukisan tertua dunia di gua Sulawesi. ©Maxime Aubert/Griffith University/AFP

Merdeka.com - Para arkeolog menemukan lukisan gua tertua di dunia berupa gambar babi liar sebesar ukuran hewan sebenarnya yang dibuat sekurang-kurangnya 45.500 tahun lalu di Sulawesi.

Temuan itu dijelaskan di jurnal Science Advances pada Rabu, menyertakan bukti paling awal permukiman manusia di wilayah itu.

Salah satu penulis dari Universitas Griffith Australia, Maxime Aubert mengatakan kepada AFP, lukisan itu ditemukan di Pulau Sulawesi pada 2017 oleh mahasiswa doktoral Basran Burhan, sebagai bagian dari survei yang dilakukan tim dengan pihak berwenang Indonesia.

Gua Leang Tedongnge berlokasi di lembah terpencil yang ditutupi tebing kapur terjal, sekitar satu jam berjalan kaki dari jalan terdekat.

Gua hanya bisa dijangkau selama musim kemarau karena kerap banjir selama musim hujan. Masyarakat Bugis mengatakan kepada tim, gua itu belum pernah dikunjungi orang Barat.

Berukuran 136 x 54 cm, babi kutil Sulawesi dicat menggunakan pigmen oker merah tua dan memiliki rambut pendek tegak, serta sepasang kutil wajah seperti tanduk yang menjadi ciri khas jantan dewasa dari spesies tersebut.

Ada dua cetakan tangan di atas bagian belakang babi, dan tampak menghadap dua babi lain yang hanya tampak sebagian, sebagai bagian dari adegan naratif.

"Babi itu tampaknya mengamati perkelahian atau interaksi sosial antara dua babi kutil lainnya," kata penulis Adam Brumm, dikutip dari France 24, Kamis (14/1).

Manusia telah berburu babi kutil Sulawesi selama puluhan ribu tahun, dan mereka adalah ciri utama dari karya seni prasejarah di kawasan itu, khususnya selama Zaman Es.

Baca Selanjutnya: Migrasi Awal Manusia...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini