Arab Saudi Tutup Penerbangan dari dan ke Tujuh Negara Afrika karena Varian Omicron

Minggu, 28 November 2021 11:12 Reporter : Merdeka
Arab Saudi Tutup Penerbangan dari dan ke Tujuh Negara Afrika karena Varian Omicron bandara riyadh saudi. ©AFP

Merdeka.com - Arab Saudi menutup penerbangan ke dan dari tujuh negara Afrika di wilayah selatan karena khawatir terkait penyebaran varian baru Covid-19, Omicron.

Menurut pernyataan yang diterbitkan kantor berita pemerintah, SPA, tujuh negara itu adalah Afrika Selatan, Namibia, Botswana, Zimbabwe, Mozambik, Lesotho dan Eswatini.

Seorang pejabat senior di kementerian dalam negeri mengatakan keputusan itu termasuk menangguhkan izin masuk bagi non-warga negara ke Saudi, yang datang secara langsung dan tidak langsung dari tujuh negara Afrika tersebut, kecuali mereka yang telah menghabiskan waktu tidak kurang dari 14 hari di negara lain, dimana prosedur kesehatan di Saudi mengizinkan mereka datang, sesuai dengan prosedur kesehatan yang disetujui.

Asalkan seluruh prosedur karantina institusional yang disetujui untuk jangka waktu lima hari diterapkan untuk semua kelompok yang dikecualikan yang berasal dari tujuh negara ini, termasuk warga Saudi terlepas dari status vaksinasi.

Dilansir Al Arabiya, Minggu (28/11), sumber itu menjelaskan semua prosedur dan tindakan tunduk pada evaluasi berkelanjutan oleh otoritas kesehatan yang kompeten di Saudi, sesuai dengan perkembangan situasi epidemiologis global, sambil memperingatkan warga dan penduduk untuk menghindari bepergian ke tujuh negara Afrika sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Pada Jumat (26/11), otoritas global mulai mewaspadai varian virus corona baru yang terdeteksi di Afrika Selatan, yang dinami Omicron oleh WHO. Uni Eropa dan Inggris memperketat kontrol perbatasan ketika para peneliti berusaha mencari tahu apakah mutasi itu resisten terhadap vaksin.

Beberapa jam setelah Inggris melarang penerbangan dari Afrika Selatan dan negara-negara tetangganya dan meminta para pelancong yang kembali dari sana untuk dikarantina, WHO menentang larangan perjalanan yang tergesa-gesa.

Pada Kamis (25/11), pihak berwenang Saudi mengatakan mereka akan mengizinkan masuk langsung ke pelancong dari Indonesia, Pakistan, Brasil, Vietnam, Mesir dan India mulai 1 Desember, mencabut persyaratan kewajiban karantina dua pekan di negara kedua sebelum memasuki Saudi.

Reporter Magang: Ramel Maulynda Rachma [pan]

Baca juga:
Dokter Afrika Selatan Beberkan Gejala Pasien yang Terinfeksi Covid Varian Omicron
Ini 8 Negara Afrika yang Warganya Dilarang Masuk RI Cegah Varian Omicron
Epidemiolog Ungkap Gejala Pasien Terjangkit Varian Covid-19 Omicron
Cegah Varian Omicron Masuk, RI Tutup Pintu Masuk Bagi Warga Negara Afrika
Di Depan Himpunan Pengusaha Nahdliyin, Ibas Bicara Ancaman Varian Covid-19 Omicron

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini