Arab Saudi Tolak Rencana Israel Caplok Tepi Barat

Jumat, 22 Mei 2020 09:51 Reporter : Pandasurya Wijaya
Arab Saudi Tolak Rencana Israel Caplok Tepi Barat benjamin netanyahu. ©getty

Merdeka.com - Kementerian Luar negeri Arab Saudi kemarin mengeluarkan pernyataan yang menolak rencana Israel mencaplok wilayah pendudukan Tepi Barat dan menguasai kedaulatannya.

Dikutip dari laman Al Arabiya, Jumat (22/5), Kementerian Luar Negeri Saudi menegaskan kecaman Kerajaan Saudi atas segala tindakan sepihak dan pelanggaran resolusi PBB yang mengancam proses perdamaian dan stabilitas kawasan.

"Kerajaan Saudi mempunyai sikap tegas membela saudara rakyat Palestina dan mendukung pendirian negara Palestina yang berdaulat dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya," kata pernyataan Kementerian Luar Negeri Saudi.

Negeri Petro Dolar juga mendukung upaya perundingan sesuai dengan hukum internasional untuk mencapai solusi menyeluruh yang adil dan memenuhi aspirasi saudara rakyat Palestina.

Saudi sejak lama memperjuangkan Inisiatif Perdamaian Arab, proposal 2002 yang akan membuat negara Arab mengakui Israel sebagai imbalan berdirinya negara Palestina di seluruh wilayah Tepi Barat dan Jalur Gaza dengan ibu kota di Yerusalem Timur.

Pekan lalu Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan dengan pemerintahan baru dia bisa memberlakukan hukum Israel di wilayah pendudukan Yahudi dan Bukit Yordania di Tepi Barat yang dia sebut "tempat lahir dan tumbuhnya bangsa Yahudi"

Dua hari lalu komunitas internasional mengecam rencana Israel yang akan mencaplok sebagian wilayah Tepi Barat Juli nanti. [pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini