Arab Saudi Buka Kembali Masjidil Haram Setelah Ditutup Tiga Bulan

Minggu, 21 Juni 2020 10:26 Reporter : Hari Ariyanti
Arab Saudi Buka Kembali Masjidil Haram Setelah Ditutup Tiga Bulan Suasana Salat Id di Masjidil Haram Makkah. ©2020 AFP

Merdeka.com - Arab Saudi akan membuka kembali Masjidil Haram dan masjid lainnya di kota Makkah pada Minggu, setelah ditutup tiga bulan akibat pandemi virus corona.

Langkah ini dilakukan kendati ada peningkatan signifikan kasus Covid-19 di negara kerajaan tersebut dalam beberapa hari terakhir.

Sebelumnya pemerintah setempat telah mengambil tindakan pembatasan untuk mencegah penyebaran virus, khususnya di Makkah.

"Masjid-masjid di kota suci akan mulai membuka kembali pintu mereka untuk jemaah pada Minggu setelah penutupan tiga bulan karena pandemi virus corona," demikian laporan saluran Al-Ekhbariya yang dikelola negara, mengutip keputusan Kementerian Urusan Islam, dilansir dari Middle East Eye, Minggu (21/6).

Sekitar 1.500 masjid sedang dipersiapkan untuk menyambut para jemaah. Dalam laporan tersebut juga ditampilkan para petugas mendesinfeksi lantai dan karpet masjid.

Keputusan ini datang sebelum musim haji. Ibadah haji akan dimulai pada akhir Juli, namun pihak berwenang belum mengumumkan apakah akan tetap menyelenggarakan atau dibatalkan.

Di luar kota suci Makkah, masjid-masjid telah dibuka kembali pada akhir Mei, tetapi dengan aturan ketat yang mewajibkan penerapan jarak sosial dan langkah-langkah lainnya.

Arab Saudi telah melaporkan lebih dari 150.000 kasus virus corona, termasuk hampir 1.200 kematian. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini