Apa yang akan dibahas dalam pertemuan Trump dan Kim di Singapura?

Senin, 11 Juni 2018 16:00 Reporter : Farah Fuadona
Donald Trump dan Kim Jong Un. Toshifumi Kitamura/ AFP

Merdeka.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump akan melakukan pertemuan bersejarah pada 12 Juni di Singapura.

Menurut media Pemerintah Korea Selatan (KCNA), salah satu isu utama yang akan dibahas dalam pertemuan tersebut adalah masalah denuklirisasi senjata nuklir Korea Utara.

Trump mendesak Korea Utara untuk menyingkirkan senjata nuklir mereka. Sebagai hal yang mendesak, menyeluruh, dapat diverifikasi dan tidak bisa dibatalkan. Sementara Pyongyang telah berulang kali mengatakan komitmen terhadap denuklirisasi di Semenanjung Korea.

Media itu juga menulis bahwa pemimpinnya Kim Jong Un dan Donald Trump akan membahas mekanisme pemeliharaan perdamaian permanen dan tahan lama di semenanjung Korea, dikutip dari Straits Times, Senin (11/6).

Beberapa perjanjian antara Korea Selatan dan Korea Utara berakhir gagal. Korea Selatan mengklaim ada 50 kilogram plutonium, yang dimiliki Korea Utara dan itu cukup untuk membuat sekitar 10 bom dan senjata uranium.

Kim di Singapura didampingi oleh Menteri Luar Negeri Ri Yong Ho, Menteri Pertahanan No Kwang Chol dan adik perempuannya, Kim Yo Jong. [frh]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini