Angela Merkel jadi kanselir Jerman untuk ketiga kalinya

Senin, 23 September 2013 12:02 Reporter : Pandasurya Wijaya
Kanselir Jerman Angela Merkel. ©Reuters

Merdeka.com - Partai Konservatif pendukung Angela Merkel kembali memenangkan pemilihan kanselir Jerman untuk ketiga kalinya.

Hasil resmi menyatakan Persatuan Kristen Demokratis dan sekutunya dari partai Bavaria memenangkan 41,5 persen suara, sedangkan koalisi Demokrat Bebas yang pro-bisnis untuk pertama kalinya dalam lebih dari setengah abad kehilangan kursi di parlemen dengan hanya meraih 4,8 suara, seperti dilansir stasiun televisi Aljazeera, Senin (23/9).

Penantang Merkel yakni Peer Steinbrueck dari Partai Demokrat Sosial meraup 25,7 suara, sekutunya dari Partai Hijau mendapat 8,4 persen, dan kelompok garis keras Partai Kiri hanya 8,6 persen.

Merkel menduduki posisi kanselir sejak 2005. Melihat perolehan pemilu kali ini ini Merkel mengatakan hasil itu luar biasa. Meski belum mengisyaratkan formasi pemerintahan baru, dia menegaskan akan menjalani tugasnya hingga akhir masa jabatan.

"Saya melihat empat tahun ke depan dan berjanji kita akan menghadapi banyak tugas, di dalam negeri, di eropa dan di dunia," kata Merkel dalam penampilannya di televisi bersama para pemimpin partai lain. [fas]

Topik berita Terkait:
  1. Jerman
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.