Akun Medsos Pemerintah China Tuai Kecaman karena Ejek Krisis Covid-19 India

Senin, 3 Mei 2021 09:46 Reporter : Pandasurya Wijaya
Akun Medsos Pemerintah China Tuai Kecaman karena Ejek Krisis Covid-19 India akun medsos china ejek krisis covid india. ©SINA WEIBO

Merdeka.com - Akun media sosial yang terkait Partai Komunis China memicu kontroversi lantaran mengejek India dalam krisis Covid-19.

Sebuah foto yang diunggah di Weibo (Twitter versi China) memperlihatkan gambar peluncuran roket di China dan disandingkan dengan pembakaran jenazah Covid-19 di India.

Foto itu disertai keterangan kalimat: "Menyalakan api di China VS Menyalakan Api di India."

Foto yang diunggah Sabtu itu kini sudah dihapus.

Laman BBC melaporkan, Senin (3/5), akun yang memajang foto itu dilaporkan milik lembaga resmi penegak hukum China--Komisi Pusat Politik dan Hukum Partai Komunis China yang memiliki jutaan pengikut di Weibo.

Para pengguna Weibo kemudian membagikan foto itu dari hasil tangkapan layar dan menyebut kelakuan itu "tidak pantas" dan China "harusnya menyampaikan simpati kepada India."

Hu Xijin, pemimpin redaksi harian Global Times, media pemerintah China, menulis tajuk rencana: "Pada saat seperti ini junjung tinggi humanitarianisme, tunjukkan simpati kepada India, dan pegang teguh moral masyarakat China."

Unggahan di Weibo itu muncul sehari setelah Presiden China Xi Jinping menyampaikan pesan duka cita kepada Perdana Menteri India Narendra Modi atas parahnya kasus Covid-19 di Negeri Sungai Gangga.

Xi mengatakan China siap memperkuat kerja sama dengan India dan bersedia memberikan bantuan apa pun yang diperlukan.

India kini masih dihantam badai tsunami Covid-19 gelombang kedua. Rumah sakit sudah kewalahan menangani pasien dan stok oksigen kian menipis dan susah dicari.

Kemarin India mencatat angka kematian 3.689, angka tertinggi sejak pandemi.

Sehari sebelumnya India mencatat rekor dengan 400.000 lebih kasus baru dalam 24 jam. [pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini