Aksi Polisi Bersepatu Roda Turunkan Angka Kriminalitas di Pakistan

Selasa, 2 Maret 2021 17:50 Reporter : Tyas Titi Kinapti
Aksi Polisi Bersepatu Roda Turunkan Angka Kriminalitas di Pakistan Pakistan bentuk satuan polisi bersepatu roda. ©REUTERS/Akhtar Soomro

Merdeka.com - Pakistan baru-baru ini meluncurkan satuan polisi bersepatu roda untuk menekan angka kriminalitas. Unit khusus ini ditugaskan untuk memberantas kejahatan dan pelecehan di kawasan padat penduduk.

Sejauh ini, anggota kepolisian Satuan Keamanan Khusus (SSU) ini beranggotakan 20 orang. Saat beraksi, polisi bersepatu roda ini tampil dengan busana serba hitam.

pakistan bentuk satuan polisi bersepatu roda
©REUTERS/Akhtar Soomro

Penggunaan sepatu roda bukan tanpa alasan, petugas dengan sepatu roda dapat lebih mudah mengejar pencuri dengan sepeda motor di kota berpenduduk 20 juta itu. Tanpa berlari, para polisi ini mampu menyusuri gang-gang kecil dengan cepat dan mengejar pelaku tindakan kriminal.

Anggota SSU ini hanya akan membawa pistol bukan senjata berat untuk mengurangi risiko terkena peluru sendiri.

pakistan bentuk satuan polisi bersepatu roda
©REUTERS/Akhtar Soomro

Kondisi jalan yang buruk dan tidak rata membuat polisi sepatu roda ini tidak dapat dikerahkan di seluruh wilayah Karachi. Meski begitu, mereka akan dikirim ke tempat-tempat umum dengan insiden pencurian dan pelecehan yang lebih tinggi.

pakistan bentuk satuan polisi bersepatu roda
©REUTERS/Akhtar Soomro

Sebelumnya, para anggota kepolisian ini sudah menjalankan pelatihan yang ketat. Petugas kepolisian khusus ini juga sudahuji coba dengan mengamankan turnamen kriket Liga Super Pakistan.

pakistan bentuk satuan polisi bersepatu roda
©REUTERS/Akhtar Soomro

Polisi sepatu roda ini mengikuti jejak Eropa dan di tempat lain. Diharapkan polisi ini mulai resmi bulan depan. Kendati demikian, sejak pagi petugas polisi ini diketahui sudah berada di kawasantepi pantai Karachi yang ramai. Pengunjung pun bisa merasa tenang saat berada di sekitar pantai Karachi. [Tys]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Picture First
  3. Pakistan
  4. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini