Ahmadinejad surati Obama, minta AS kembalikan aset Iran

Senin, 8 Agustus 2016 21:10 Reporter : Pandasurya Wijaya
Ahmadinejad surati Obama, minta AS kembalikan aset Iran Ahmadinejad dan Obama. ©Reuters

Merdeka.com - Mantan Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad menyurati Presiden Amerika Serikat Barack Hussein Obama untuk meminta Negeri Paman Sam itu mengembalikan aset Negeri Mullah yang dibekukan sebesar USD 2 miliar.

Menurut kantor berita Tasnim, Ahmadinejad yang menjabat presiden Iran sejak 2005 hingga 2013 mengirimkan surat itu melalui Kedutaan Swiss di Teheran yang selama ini mewakili hubungan diplomatik AS dengan Iran.

Ahmadinejad memulai suratnya dengan kalimat 'Assalamualaikum' seperti dilansir situs Dolate-Bahar yang dikelola pendukung pria 59 tahun itu.

Menurut Ahmadinejad, Obama selayaknya mengakhiri masa jabatannya dengan mengembalikan aset Iran senilai USD 2 miliar itu.

"Pada 9 Juni 2014, pengadilan di Amerika, tanpa didasari dokumen yang mendukung, memutuskan aset USD 2 miliar milik Iran disita,' kata surat Ahmadinejad, seperti dilansir Russia Today, Senin (8/8).

April lalu Mahkamah Agung AS memutuskan aset Iran senilai USD 2 miliar itu harus diberikan kepada keluarga korban serangan militer Iran di Beirut dan Arab Saudi pada 1983 dan 1996.

Iran marah dengan keputusan itu dan menyebut hal itu sebagai 'perampokan'. Juni lalu Teheran mengajukan gugatan hukum ke Pengadilan Internasional PBB.

"Rakyat Iran berharap kasus penyitaan yang terjadi di masa kepemimpinan Anda yang kini akan berakhir, bisa ditangani segera," tulis Ahmadinejad. [pan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini