Ahmadinejad dilempar sepatu di Kairo

Rabu, 6 Februari 2013 12:30 Reporter : Pandasurya Wijaya
Ahmadinejad dilempar sepatu di Kairo Ahmadinejad. REUTERS

Merdeka.com - Dalam kunjungan ke Ibu Kota Kairo, Mesir, kemarin, Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad hampir dilempar dengan sepatu oleh seorang warga diduga berasal dari Suriah.

Situs Huffington Post melaporkan, Rabu (6/2), pemuda itu menyerang Ahmadinejad di depan masjid Al-Hussein di Kairo.

Dalam rekaman video dari kantor berita Anadolu Turki terlihat di tengah situasi berdesakan kerumunan orang ketika Ahmadinejad akan menuju mobilnya, seorang pemuda mencoba memukul presiden berusia 56 tahun itu dengan sepatu. Aksi dia lakukan itu tidak mengenai Ahmadinejad tapi justru mengenai salah seorang pengawalnya.

Pemuda itu dilaporkan berdialek Suriah dan pihak keamanan sudah meringkusnya. Dia meneriakkan slogan anti Iran dan mendukung pemerintah Suriah.

Menurut ABC News, pemuda itu mengutuk Ahmadinejad karena membunuh kakaknya. Iran selama ini mendukung kepemimpinan Presiden Suriah Basyar al-Assad.

Peristiwa itu mengingatkan kejadian menimpa mantan Presiden Amerika George W. Bush Desember 2008 ketika seorang jurnalis Irak melemparnya dengan sepatu dalam sebuah konferensi pers. "Ini hadiah dari warga Irak. Ini ciuman perpisahan untukmu, anjing!" teriak sang jurnalis ketika itu.

Ahmadinejad tiba di Kairo untuk menghadiri Konferensi Organisasi Solidaritas Islam. Lawatannya ini merupakan sejarah karena dia menjadi presiden Iran pertama mengunjungi Mesir setelah 34 tahun sejak Revolusi Iran 1979.

Saksikan video ketika Ahmadinejad hampir dipukul dengan sepatu berikut ini:

[fas]

Topik berita Terkait:
  1. Mahmud Ahmadinejad
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini