Ahmadinejad akan hadiri pemakaman Chavez

Jumat, 8 Maret 2013 15:35 Reporter : Vincent Asido Panggabean
Ahmadinejad akan hadiri pemakaman Chavez  Ahmadinejad. REUTERS/Murdani Usman

Merdeka.com - Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad kemarin dikabarkan telah menuju Ibu Kota Caracas, Venezuela, untuk menghadiri pemakaman Presiden Venezuela, Hugo Chavez.

Surat kabar Haaretz melaporkan, Kamis (7/3), presiden Negeri Mullah itu sebelumnya memuji Chavez dan membandingkan presiden memimpin Venezuela sejak 1999 itu dengan orang suci. Ahmadinejad memang dikenal dekat dengan Chavez.

Saat memberikan ucapan belasungkawa buat Chavez dua hari lalu, Ahmadinejad mengatakan dirinya tidak ragu menyebut Chavez akan bangkit dan kembali ke dunia bersama Yesus Kristus. Ahmadinejad menyatakan kedatangan Chavez itu tidak lain untuk menciptakan kedamaian, keadilan, dan kebaikan bagi dunia ini.

Ahmadinejad juga mengatakan dirinya percaya ada sesuatu yang tidak wajar di balik kematian Chavez. Chavez dinyatakan meninggal, Selasa (6/3), sekitar pukul 16.25 waktu Caracas, setelah hampir dua tahun berjuang melawan penyakit kanker yang dideritanya.

Chavez yang seorang penganut Katolik Roma memang dikenal bersahabat dengan Ahmadinejad yang merupakan muslim. Ini lantaran keduanya sama-sama mempunyai sikap anti-Amerika.

Pada Januari lalu, Ahmadinejad sempat mengunjungi Venezuela dan bertemu Chavez. Ketika itu, kedua pemimpin negara itu menyatakan perlawanannya terhadap Amerika dan akan bersatu melawan penjajahan dari Negeri Adidaya itu.

Wakil Presiden Venezuela Nicolas Maduro kemarin mengatakan jenazah Hugo Chavez akan dibalsem dan dipajang di museum militer usai menjalani upacara pemakaman negara. Kerumunan massa juga terlihat masih menunggu upacara pemakaman presiden 58 tahun itu.

"Telah diputuskan jenazah El Comandante akan dibalsem supaya bisa dilihat semua orang di museum," kata Maduro dalam siaran televisi nasional.

Maduro menyebut sekitar 30 pemimpin negara dari berbagai belahan dunia akan menghadiri pemakaman Chavez hari ini. Jenazahnya akan disemayamkan selama tujuh hari sebelum dibalsem. [fas]

Topik berita Terkait:
  1. Mahmud Ahmadinejad
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini