Agen travel China tolak jual tiket pesawat Malaysia Airlines

Sabtu, 29 Maret 2014 04:22 Reporter : Yulistyo Pratomo
Agen travel China tolak jual tiket pesawat Malaysia Airlines Malaysia Airlines. ©AFP PHOTO

Merdeka.com - Pengumuman yang dilakukan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak masih berbuntut panjang. Setelah aktris asal China Zhang Ziyi mengajak memaki sikap pemerintah Malaysia, kini sejumlah agen travel di negara Tirai Bambu itu menghentikan penjualan pesawat Malaysia Airlines.

Dilansir harian South China Morning Post, sejumlah agensi ternama menyatakan akan memboikot Malaysia Airlines. Pemboikotan berlangsung sampai terungkapnya kebenaran mengenai pesawat Malaysia Airlines penerbangan MH370 terungkap.

Sejumlah agensi tersebut tidak lagi memasukkan penerbangan yang dilayani Malaysia Airlines dalam situs resminya. Di antaranya eLong, LY.com and Qunar. Sementara, Ctrip.com, agensi travel terbesar masih menjual tiket karena mendapat penolakan dari departemen sales mereka.

Sementara itu, kantor berita Reuters melaporkan kemarahan yang dilakukan masyarakat China tidak berdampak pada hubungan bilateral antara kedua negara. Terlalu besar harga yang harus dibayar jika mereka memutus hubungan ekonomi yang semakin tumbuh subur.

"Banyak sekali hubungan kemasyarakatan yang harus diselesaikan, banyak perbaikan hubungan. Di sini akan terjadi penurunan hubungan yang sangat dramatis," ujar pengamat kebijakan luar negeri Institute of Strategic and International Studies Malaysia, Tang Siew Mun, seperti dilansir malaysiakini.com.

Tan menambahkan, buruknya hubungan kedua negara hanya akan berlangsung singkat. Hal itu pun tidak akan membuat pemerintah China untuk membiarkannya tetap berlanjut. [tyo]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini