Adik Kim Jong-un Sebut Presiden Korsel Kurang Ajar karena Kritik Uji Coba Rudal Korut

Selasa, 30 Maret 2021 15:54 Reporter : Pandasurya Wijaya
Adik Kim Jong-un Sebut Presiden Korsel Kurang Ajar karena Kritik Uji Coba Rudal Korut Kim Yo Jong. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Kim Yo-jong, adik dari pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengecam Presiden Korea Selatan Moon Jae-in yang menyebut uji coba peluncuran rudal Korut belum lama ini sangat "mengkhawatirkan". Seoul, Pyongyang, dan Washington, kata Moon, seharusnya tidak menghambat upaya untuk melanjutkan perbincangan. Demikian dilaporkan media pemerintah Korut, KCNA, hari ini.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Selasa (30/3), Korea Utara meluncurkan dua rudal balistik ke lautan dekat Jepang pekan lalu. Tindakan itu dinilai sebagai bentuk tekanan terhadap Amerika Serikat dan menguatkan kembali program senjata nuklir negara Korut.

Selepas peluncuran itu Moon Jae-in mengatakan Korsel, Korut, dan AS harusnya bisa melanjutkan dialog.

Kim Yo Jong menyebut pernyataan Moon itu memalukan karena sepakat dengan AS yang sudah mengecam tindakan peluncuran rudal itu dengan mengatakan tindakan tersebut sebagai ancaman serius bagi perdamaian dan keamanan dunia.

"Itu sikap yang kurang ajar dan tidak masuk akal dari Korea Selatan sama seperti logika gengster Amerika Serikat," ujar Kim Yo Jong dalam pernyataannya yang disampaikan KCNA.

Korut Jumat lalu meluncurkan rudal taktis baru berdaya jelajah pendek. Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan uji coba rudal Korut itu melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB meski dia masih mau membuka diplomasi dengan Pyongyang. [pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini