Ada Kekecewaan Rasial di Balik Kerusuhan Pendukung Trump di Gedung Capitol AS

Kamis, 7 Januari 2021 18:14 Reporter : Pandasurya Wijaya
Ada Kekecewaan Rasial di Balik Kerusuhan Pendukung Trump di Gedung Capitol AS Kerusuhan di Gedung Capitol AS. ©2021 Ribuan pendukung Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyerang gedung parlemen, US Capi

Merdeka.com - Para pemain Boston Celtics dan Miami Heat meninggalkan lapangan sesaat sebelum pertandingan mereka di American Airlines Arena, Miami, Rabu malam waktu AS atau Kamis pagi WIB dan kedua tim kemudian mengeluarkan pernyataan bersama sesaat sebelum tipoff.

Tindakan itu dilakukan beberapa jam setelah perusuh yang merupakan para pendukung Presiden Donald Trump menyerbu Capitol dan mengganggu pemungutan suara Kongres untuk mengesahkan pemilihan presiden AS. Sehari sebelumnya, tersiar kabar petugas polisi yang terlibat dalam penembakan Jacob Blake di Kenosha, Wisconsin, tidak akan didakwa.

"2021 adalah tahun baru, tetapi beberapa hal belum berubah," demikian bunyi pernyataan bersama itu seperti dikutip ESPN dan dilansir Antara, Kamis (7/1).

"Kami memainkan pertandingan malam ini dengan berat hati setelah keputusan kemarin di Kenosha, dan mengetahui bahwa pengunjuk rasa di ibu kota negara kita diperlakukan berbeda oleh para pemimpin politik tergantung kepada sisi mana dari masalah tertentu yang mereka hadapi. Perbedaan drastis dalam perlakuan terhadap pengunjuk rasa musim semi lalu dan musim panas dan dukungan yang diberikan kepada pengunjuk rasa yang bertindak ilegal hari ini kian menunjukkan banyak sekali tugas yang harus kami lakukan."

"Kami sudah memutuskan untuk memainkan pertandingan malam ini demi berusaha membawa kegembiraan ke dalam kehidupan masyarakat. Namun kami tidak boleh melupakan ketidakadilan dalam masyarakat saat ini, dan kami akan terus menggunakan suara dan platform kami guna menyoroti masalah ini dan melakukan segala yang kami bisa untuk bekerja, untuk Amerika yang lebih setara dan adil. "

Direktur eksekutif Asosiasi Pemain Bola Basket Nasional Michele Roberts mengatakan kepada ESPN bahwa belum ada diskusi dengan NBA tentang penundaan salah satu dari 11 pertandingan yang dijadwalkan Rabu atau Kamis WIB.

Baca Selanjutnya: Standar ganda...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini