Abraham Accord: Kemenangan Israel dan Palestina yang Ditinggalkan Negara-Negara Arab

Rabu, 16 September 2020 10:15 Reporter : Iqbal Fadil
Abraham Accord: Kemenangan Israel dan Palestina yang Ditinggalkan Negara-Negara Arab Penandatanganan hubungan diplomatik Israel dengan UEA dan Bahrain. ©Reuters

Merdeka.com - Sebuah kesepakatan penting ditandatangani oleh Israel dengan dua negara Arab yang akan menandai era baru di kawasan itu. Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain membuka pintu mereka dengan menormalisasi penuh hubungan diplomatik dengan Israel. Lantas bagaimana nasib Palestina dengan solusi dua negara yang selama ini diperjuangkan?

Selasa, 15 September 2020 akan tercatat dalam sejarah, UEA dan Bahrain menjadi negara Arab ketiga dan keempat yang memiliki hubungan diplomatik resmi dengan Israel mengikuti jejak Mesir (1979) dan Yordania (1994). Di depan kerumunan beberapa ratus orang di halaman Gedung Putih, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menandatangani perjanjian dengan Menteri Luar Negeri Emirat Sheikh Abdullah bin Zayed al-Nahyan dan Menteri Luar Negeri Bahrain Abdullatif Al Zayani. Demikian seperti dikutip dari laman Reuters.

Bagi UEA dan Israel, penandatanganan ini menjadi formalitas atas hubungan kedua negara yang dalam beberapa tahun terakhir sudah terjadi di 'bawah meja'.

Sementara untuk Presiden Donald Trump, kesepakatan yang dia sebut dengan Abraham Accord - diambil dari nama ayah para nabi dari agama monoteistik yang bermula di Timur Tengah - Yudaisme, Kristen, dan Islam - menjadi modal kuat jelang pemilihan presiden awal November mendatang.

Bertemu Netanyahu sebelumnya di Oval Office, Trump berkata, "Kami akan memiliki setidaknya lima atau enam negara berikutnya untuk membuat kesepakatan mereka sendiri dengan Israel."

Bahkan, Trump mengklaim kepada wartawan bahwa Arab Saudi, akan mencapai kesepakatan dengan Israel "pada waktu yang tepat".

Baca Selanjutnya: Mengubah Arah Sejarah...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini