96 Persen Kasus Baru Covid-19 di Prancis Infeksi Orang yang Belum Divaksinasi

Kamis, 22 Juli 2021 13:32 Reporter : Hari Ariyanti
96 Persen Kasus Baru Covid-19 di Prancis Infeksi Orang yang Belum Divaksinasi Museum Louvre Paris. ©2020 Ludovic Marin / AFP

Merdeka.com - Virus corona varian Delta yang menyebabkan Covid-19 sekarang menjadi varian utama yang menyebar di Prancis. Hal ini disampaikan Perdana Menteri Prancis, Jean Castex pada Rabu, menambahkan 96 persen dari 18.000 kasus baru yang dilaporkan sehari sebelumnya menginfeksi orang yang belum divaksinasi.

“Kita berada pada gelombang keempat,” ujar Castex kepada televisi TF1, dikutip dari France 24, Kamis (22/7).

“Varian Delta adalah salah satu mayoritas, lebih menular,” lanjutnya.

Menteri Kesehatan Prancis, Olivier Veran menyampaikan kepada anggota parlemen, total kasus telah meningkat sekitar 150 persen selama sepekan terakhir yang dipicu cepatnya penyebaran varian Delta. Dia menyebut lonjakan ini belum pernah terjadi sebelumnya.

Pemerintah Prancis menyampaikan rencana baru kepada anggota untuk memerangi Covid-19, yang akan mencakup persyaratan izin kesehatan atau kartu kesehatan di berbagai tempat mulai awal Agustus dan mewajibkan vaksinasi bagi petugas kesehatan.

Kartu kesehatan ini disebut Castex diperlukan untuk menghindari pemberlakukan lockdown nasional.

Castex mengatakan izin kesehatan tidak akan diperlukan di sekolah ketika tahun ajaran dimulai pada September mendatang.

Louvre adalah salah satu tempat yang mulai menerapkan pemeriksaan izin kesehatan pada Rabu. Para pejabat mengatakan turis asing tidak terganggu ketika diminta menunjukkan bukti vaksinasi atau tes negatif, karena sudah melakukannya ketika memasuki negara itu.

Di Menara Eiffel, pengunjung yang datang tanpa bukti vaksinasi ditawari tes Covid-19.

Presiden Prancis, Emmanuel Macron mengumumkan pekan lalu, kartu kesehatan atau disebut passe sanitaire ini diperlukan untuk semua acara atau tempat dengan kapasitas lebih dari 50 orang sebelum diperluas ke restoran, kafe, dan pusat perbelanjaan pada Agustus mendatang.

Namun, begitu masuk ke tempat-tempat tersebut, orang dapat melepas masker mereka. Namun masker tetap perlu dipakai di dalam toko atau di transportasi umum. [pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini