72 Orang di AS Positif Covid-19 Setelah Ikut Demo Tolak Lockdown

Selasa, 12 Mei 2020 20:09 Reporter : Hari Ariyanti
72 Orang di AS Positif Covid-19 Setelah Ikut Demo Tolak Lockdown demo warga tolak lockdown di wisconsin as. ©AFP

Merdeka.com - Sebanyak 72 orang yang dites positif Covid-19 di Wisconsin, Amerika Serikat (AS) baru-baru ini disebutkan mengikuti demo sebelum didiagnosis, menurut sebuah laporan.

Menurut laporan The Progressive, Departemen Pelayanan Kesehatan (DHS) negara bagian mengonfirmasi mereka telah mengumpulkan data penelusuran sejumlah orang yang tertular virus itu.

"Kami dapat menarik beberapa data terbatas - dari 1.986 kasus dengan onset/diagnosis atau setelah 26 April, ada 72 kasus yang dilaporkan menghadiri pertemuan besar," kata juru bicara DHS, Jennifer Miller kepada The Progressive, dilansir dari The Independent, Selasa (12/5).

Informasi itu terungkap setelah akhir April lalu ratusan orang di Wisconsin mengikuti demo menentang perintah gubernur untuk tetap diam di rumah.

Namun demikian, tak mungkin menyebutkan jika ada dari kasus-kasus yang kembali terlacak pada saat demo ini karena Departemen Kesehatan tidak melacak kehadiran orang dalam peristiwa-peristiwa tertentu.

"Kemungkinan penularan selama protes belum secara khusus ditambahkan ke basis data karena kami sudah menanyakan tentang pertemuan besar," kata Miller.

"Pelacak kontak memang menanyakan apakah pasien menghadiri pertemuan massal, tetapi tidak secara khusus terkait demo itu, sehingga benar-benar tidak ada data tentang siapa yang mungkin telah terpapar Covid-19 dalam sebuah unjuk rasa itu," lanjutnya.

1 dari 1 halaman

Demonstrasi di luar gedung ibu kota Wisconsin di Madison dihadiri ratusan pengunjuk rasa yang menentang perintah diam di rumah yang dikeluarkan Gubernur Tony Eversreopen.

Kepolisian Wisconsin mengatakan, sekitar 1.500 orang menghadiri demo itu dan tidak ada penangkapan. Disebutkan juga hanya sepertiga dari pengunjuk rasa memakai masker dalam aksi tersebut.

"Tidak, itu tidak secara khusus menyatakan 72 orang itu ikut demo, tapi ini adalah data yang kita miliki," kata Miller. [pan]

Baca juga:
Lawan Perintah Lockdown, Bos Tesla Elon Musk Siap Ditangkap karena Operasikan Pabrik
Perawat di New York Curi Kartu Kredit Pasien Covid-19 untuk Beli Gas dan Makanan
Rekor Terburuk, 20,5 Juta Warga AS Jadi Pengangguran karena Pandemi Corona
Sebelumnya Pelayan Trump, Kini Asisten Wapres AS Mike Pence Positif Covid-19
Donald Trump Tolak Pakai Masker Karena Tak Ingin Terlihat Konyol

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini