70 Tahun Partai Komunis, Xi Jinping Klaim Tak Ada yang Bisa Goyahkan China

Selasa, 1 Oktober 2019 13:04 Reporter : Pandasurya Wijaya
70 Tahun Partai Komunis, Xi Jinping Klaim Tak Ada yang Bisa Goyahkan China Parade peringatan berdirinya RRC. ©2019 REUTERS/Thomas Peter

Merdeka.com - Presiden China Xi Jinping dalam perayaan 70 tahun kekuasaan Partai Komunis China hari ini mengatakan tidak ada kekuatan yang bisa menggoyahkan China.

Xi Jinping hari ini berdiri di panggung Lapangan Tiananmen, sama seperti ketika Ketua Mao Zedong memproklamirkan Republik Rakyat China pada 1 Oktober 1949, untuk menyampaikan pidato dalam perayaan Hari Nasional. Dalam pidatonya Xi menggaungkan kembali kehebatan China di masa lalu dan menyerukan kehebatan 'impian China' di masa datang.

"Tidak ada satu kekuatan pun yang bisa menggoyahkan landasan negara hebat ini," ujar Xi yang mengenakan pakaian ala Mao ketika dia berpidato di samping para pemimpin partai di Lapangan Tiananmen, seperti dilansir laman Channel News Asia, Selasa (1/10).

"Tidak ada kekuatan yang bisa menghentikan orang China dan negara China untuk melangkah maju," kata pria yang disebut-sebut sebagai pemimpin terkuat setelah Mao itu.

Dalam perayaan Hari Nasional ini China juga memamerkan kekuatan militernya. Helikopter bergemuruh membentuk formasi 70 di langit Beijing di tas Lapangan Tiananmen. Media pemerintah menyebut parade militer ini adalah terbesar dalam sejarah Negeri Tirai Bambu.

Baca Selanjutnya: Peralatan Militer...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini