600 Iklan palsu berisi protes masalah lingkungan kepung Paris

Selasa, 1 Desember 2015 18:06 Reporter : Rizky Wahyu Permana
600 Iklan palsu berisi protes masalah lingkungan kepung Paris Iklan protes Brandalism. ©thisiscolossal.com

Merdeka.com - Hanya sehari sebelum dibukanya Konferensi Iklim COP21 dari PBB di Paris, puluhan seniman dari 19 negara membuat poster-poster serupa iklan untuk memprotes masalah isu-isu lingkungan. Poster-poster ini tidak hanya dipasang sembarangan seperti layaknya poster protes biasa, tetapi diletakkan di belakang kaca pada halte-halte bus di sekeliling Paris sehingga terlihat seperti layaknya iklan.

Proyek seni yang digagas oleh kelompok seni yang bernama Brandalism ini bertujuan untuk menantang beberapa perusahaan besar dunia yang memiliki andil terhadap kerusakan bumi dan menjadi sponsor pada konferensi iklim tersebut. Beberapa yang terlibat sebagai sponsor antara lain adalah Air France, Dow Chemicals, dan GDF Suez (Engie). Poster dalam bentuk iklan ini merupakan sebuah sindiran bagi perusahaan-perusahaan tersebut.

iklan protes brandalism

Iklan protes Brandalism ©thisiscolossal.com

Banyak poster yang dipasang itu merupakan rekayasa dari iklan asli yang dibuat berbagai perusahaan hanya saja terdapat perubahan kata-kata dan sindiran yang sangat dalam terhadap perusahaan tersebut. Bahkan beberapa iklan juga menampilkan berbagai pemimpin dari negara-negara yang terlibat dalam konferensi tersebut seperti Barrack Obama, Angela Merkel dan Shinzo Abe.

iklan protes brandalism

Iklan protes Brandalism ©thisiscolossal.com

Dilansir dari website resminya, Joe Elan dari Brandalism mengatakan bahwa dengan menjadi sponsor bagi konferensi ini, perusahaan-perusahaan yang banyak membuat polusi tersebut bertindak seolah mereka peduli terhadap isu lingkungan. Padahal sesungguhnya justru perusahaan-perusahaan itu lah yang merupakan bagian besar dari masalah lingkungan yang ada.

iklan protes brandalism

Iklan protes Brandalism ©thisiscolossal.com

Karya-karya yang dipasang oleh Brandalism ini melibatkan sebanyak 82 seniman dari 19 negara. Terdapat juga nama-nama seniman populer seperti Neta Harari dan Banksy yang turut menyumbang karya pada protes ini. Karya-karya ini mulai dipasang sejak hari jumat yang lalu bertepatan dengan Black Friday yang banyak diperingati di berbagai negara.

iklan protes brandalism

Iklan protes Brandalism ©thisiscolossal.com

Ditambahkan oleh Bill Posters dari Brandalism bahwa cara ini diambil sebagai bentuk protes yang luas dan tanpa melibatkan banyak orang turun ke jalan. Sejak tragedi 13 November di Paris lalu, pemerintah Prancis telah telah melarang pengerahan massa dalam jumlah besar. Jadi cara melalui karya seni dalam bentuk protes dan sindiran ini dipilih dan dijadikan cara untuk mengkritik dan menyadarkan terhadap konferensi tersebut. [RWP]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini