KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

5 Tradisi perayaan Idul Fitri paling unik di dunia

Rabu, 6 Juli 2016 07:12 Reporter : Muhammad Radityo
Perayaan Unik Idul Fitri etnis Hui di China. ©2016 Merdeka.com/Kevin Frayer/Getty Images

Merdeka.com - Bulan Ramadan resmi berakhir pada Rabu (6/7). Tibalah hari kemenangan, Idul Fitri, dirayakan penuh sukacita di seluruh dunia.

Berbeda dari kebiasaan umat muslim Timur Tengah, perayaan Idul Fitri di Indonesia terhitung lebih meriah dibanding Idul Adha.

Masyarakat muslim Tanah Air punya beberapa ritual khas yang sulit dicari padanannya di negara muslim lainnya. Misalnya saja tradisi mudik dari kota besar ke kampung halaman, membuat ketupat, serta memasak opor ayam untuk sajian keluarga sesudah salat Ied. Demikian pula tradisi saling mengunjungi tetangga di hari raya.

Kendati begitu, umat muslim di pelbagai negara tetap punya caranya masing-masing merayakan Idul Fitri. Ada yang menempatkan Idul Fitri tak lebih meriah dibanding Idul Adha. Namun ada juga negara, yang seperti Indonesia, memberlakukan libur nasional panjang untuk menandai akhir bulan puasa.

Merdeka.com merangkum lima tradisi perayaan Idul Fitri paling unik di dunia, yang khas di setiap negara. Unik di sini artinya seperti kehadiran ketupat atau baju koko yang hanya ada dalam kebiasaan muslim Indonesia.

Seperti apakah tradisi-tradisi unik tersebut? Berikut rangkumannya:

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.