5 Tempat Indah di Dunia, tapi Terlarang untuk Dikunjungi

Kamis, 16 Mei 2019 06:10 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
5 Tempat Indah di Dunia, tapi Terlarang untuk Dikunjungi Gunung Athos. BBC.com

Merdeka.com - Ada banyak tempat misterius di Bumi. Tempat-tempat tersebut memang terlihat indah, namun sangat dilarang dikunjungi. Alasannya, tempat-tempat itu sangat dilindungi. Bahkan jika ada pengunjung yang berani datang, mereka akan dikenai hukuman karena melanggar aturan.

Berikut tempat-tempat indah yang sangat dilarang untuk dikunjungi:

1 dari 5 halaman

Kuil Besar Ise di Jepang

Masyarakat umum sangat dilarang memasuki area Kuil Isa ini. Hanya pendeta tinggi dan anggota keluarga kekaisaran Jepang yang bisa masuk ke kuil suci ini.

Kuil Isa terletak di kota Uji-tachi di Prefektur Mie, wilayah Kinki, Pulau Honshu, Jepang. Kuil besar ini merupakan kompleks kuil Shinto yang didedikasikan untuk dewi Amaterasu-omikami.

Jika dilihat-lihat, ada dua kuil utama dan sekitar 125 kuil sekunder. Lokasi kuil sudah ada sejak abad ketiga. Struktur kuil direnovasi tiap 20 tahun, terakhir direnovasi pada 2013.

Salah satu kuil utama menampung 'Cermin Suci,' yang disebut Yata no Kagami, bagian dari Regalia Kekaisaran Jepang.

2 dari 5 halaman

Gua Lascaux di Prancis

Salah satu alasan Gua Lascaux jadi tempat terlarang untuk dikunjungi adalah agar tidak rusak. Gua ini pernah dibuka untuk umum setelah Perang Dunia II. Karena Gua dibuka, cahaya kemudian masuk dan membuat banyak masalah, seperti pertumbuhan lumut, kristal, mikroba dan jamur. Inilah yang membuat Gua Lascaux ditutup seterusnya untuk melestarikan situs.

Gua Lascaux termasuk dalam kompleks gua di barat daya Prancis. Gua ini memiliki 600 lukisan manusia dan hewan, dan lukisannya berusia lebih dari 17.000 tahun.

Gua Lascaux juga pernah dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1979. Hingga saat ini gua tersebut belum dapat diakses.

3 dari 5 halaman

Poveglia Dekat Venezia

Penduduk setempat menyebut pulau kecil Poveglia sebagai tempat paling berhantu di dunia. Karena di pulau ini terdapat pemakaman massal bagi para korban wabah penyakit dan orang-orang dengan penyakit menular.

Pulau itu juga memiliki rumah sakit jiwa, di mana seorang dokter dikabarkan telah melakukan percobaan pada pasien. Kini dokter itu melakukan bunuh diri.

Sangat sedikit orang yang menginjakkan kaki di pulau itu sejak tahun 1960-an. Pun ada turis yang datang, penduduk setempat akan mengajak para turis berkeliling. Namun dengan harga yang mahal.

Kemungkinan kondisi menyeramkan di pulau itu akan segera berubah. Poveglia juga dijuluki the real Shutter Island, dilelang pada tahun 2014. Ada rencana untuk membangun kembali di sebidang tanah seluas 18 hektar. Membangun kembali gereja, rumah sakit, suaka, menara lonceng, dan perumahan staf yang terlantar.

4 dari 5 halaman

Svalbard Global Seed Vault

Svalbard Global Seed Vault di Norwegia menjadi tempat terlarang untuk dikunjungi. Alasannya, ada brankas paling berharga di dunia yang disimpan di balik gunung. Tidak ada akses yang diberikan kepada peneliti, ilmuwan, atau peternak. Bahkan masyarakat umum.

Brankas itu dinamakan The Doomsday Vault. Sejak 2008, hampir setiap negara di dunia mempercayakan brankas itu untuk menyimpan benih tanaman. Ada lebih dari 100 juta spesimen tanaman yang berbeda.

Svalbard Global Seed Vault berada di pulau kecil Spitsbergen, Norwegia, sekitar 810 mil dari Kutub Utara.

5 dari 5 halaman

Gunung Athos, Makedonia Yunani

Gunung Athos sangat dilarang dikunjungi bagi para wanita. Gunung dengan luas 390 kilometer persegi ini merupakan rumah bagi sekitar 20 biara ortodoks timur dan ditinggali 2000 biarawan. Para biarawan ini menjalani kehidupan terisolasi dari kehidupan luar.

Larangan tersebut berkaitan dengan keyakinan bahwa kaum betina menjadi penghambat biarawan yang ingin mencari pencerahan di sana.

Para biarawan tinggal di tempat tersebut dengan tujuan mendekatkan diri kepada Sang Maha Kuasa. Jubah hitam yang dipakai para biarawan menandakan kematian mereka dari dunia luar.

Mereka menghabiskan hari dengan berdoa dan merenungkan diri dalam diam. Meski memiliki beberapa peraturan ketat, Gunung Athos menjadi buruan para wisatawan. Bukan hanya lantaran tempatnya yang indah, tapi para pengunjung bisa melihat secara langsung kehidupan biarawan yang serba sederhana. [has]

Baca juga:
Mengintip Resor Termahal di Dunia, Biaya Inap Tembus Rp1,43 Miliar per Malam
Bukber Unik Makanan Desa di Purbalingga dengan Uang Kleweng
Segera Hadir Icon Baru Wisata Edukasi dan Pertanian di Kota Bogor
Menghias Sendiri Kotak-Kotak Musik Cantik Khas Otaru
Mengunjungi Pasar Bersuhu Minus 35 Derajat Celcius
Pesona Temboko Lehi, satu-satunya pantai air panas di Indonesia

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini