5 sosok LGBT paling berpengaruh di dunia saat ini

Selasa, 23 Februari 2016 06:14 Reporter : Muhammad Radityo
5 sosok LGBT paling berpengaruh di dunia saat ini CEO Apple Inc Tim Cook. © Appleinsider.com

Merdeka.com - Memasuki abad 21, kelompok Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) di pelbagai negara tidak lagi menutup diri. Mereka tetap menyadari bahwa orientasi seksualnya bertentangan dengan prinsip mayoritas penganut kodrat hubungan lelaki-perempuan. Namun, kondisi tersebut tidak menghalangi mereka berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat.

Paus Fransiskus, pemimpin umat Katolik Roma, belakangan juga berusaha merangkul kelompok LGBT. Gereja sedang menggodok aturan baru supaya penyuka sesama jenis diterima menjadi jemaat, walau pilihan hidup mereka tidak perlu didukung. Alasan Paus, sebagai manusia biasa banyak anggota LGBT telah memberikan sumbangsih bagi peradaban.

Bahkan, sebetulnya semakin banyak dari kaum gay yang kini memiliki pengaruh besar di dunia. Mereka berkiprah di dunia hiburan, menapaki karir sebagai pengusaha sukses, terjun ke politik, bahkan sudah ada yang menjadi perdana menteri.

Seperti dilansir situs out.com, inilah rangkuman lima tokoh gay paling berpengaruh di dunia saat ini:

1 dari 5 halaman

Elio Di Rupo, Mantan PM Belgia

Elio di Rupo, mantan PM Belgia. ©2014 Merdeka.com

Pria kelahiran 18 Juli 1951 ini adalah pemimpin negara pertama di era modern yang secara terbuka mengaku sebagai homoseksual. Elio Di Rupo menjabat posisi perdana menteri Belgia selama 2011 hingga 10 Oktober 2014 lalu.

Lepas dari kehidupan seksualnya yang berbeda, Di Rupo diakui sebagai politikus sosialis paling berpengaruh di dunia saat ini. Partai Sosial Demokrat yang dia pimpin sudah lama tidak memerintah Belgia. Terakhir kali kelompok kiri berkuasa di negara tetangga Belanda itu adalah pada 1979.

Rekam jejak politik Di Rupo sangat panjang. Dia menjadi anggota parlemen Uni Eropa pada 1987. Karirnya meningkat pada 2000 ketika terpilih sebagai Wali Kota Mons. Pada 2010, lelaki yang lancar berbahasa Inggris, Italia, serta Prancis selain bahasa Ibunya ini berhasil menjadi perdana menteri. Dia sukses mendamaikan pelbagai parpol oposisi di Belgia yang tidak menguasai mayoritas parlemen.

2 dari 5 halaman

Wahid Ali

Wahid Ali, politikus gay Inggris. ©2014 Merdeka.com

Sosok ini adalah gay paling berpengaruh di Inggris. Wahid Ali sejak kecil mengalami diskriminasi ganda. Dia putra imigran dari Timur Tengah beragama Islam, yang sangat mengecam homoseksualitas.

Lepas dari tekanan lingkungan, dia memulai karir sebagai pengusaha. Bersama sahabatnya, Ali mendirikan Plane 24, sebuah rumah produksi tayangan televisi. 

Sukses di industri media, Ali perlahan tertarik bergabung dengan Partai Buruh. Lewat saran sahabatnya di Partai sayap kiri tersebut, dia maju ke pemilihan legislatif untuk posisi majelis tinggi (House of Lords).

Ali lolos mewakili dapil Croydon, Ibu Kota London. Pria 49 tahun yang mengaku tetap menjadi muslim ini menjadi sosok politikus yang aktif membela kepentingan LGBT. Beberapa perda yang diskriminatif melarang aktivitas kaum gay dia intervensi. Ali aktif di parlemen sejak 1998 hingga 2010.

Kini, Ali lebih banyak keliling dunia mengajak kaum gay peduli pada masyarakat. Dia juga menjadi duta persamaan hak LGBT.

3 dari 5 halaman

CEO Apple Tim Cook

Tim Cook memperkenalkan iPad Air 2. © Engadget.com

Cook bukan saja sebagai pemimpin teknologi paling berpengaruh untuk suatu jabatan di perusahaan ternama sedunia, tapi dia juga adalah seorang gay yang sangat terpandang di Amerika Serikat.

Situs media Gawker pada tanggal 20 Januari 2011 pernah mengulas bahwa memang Cook tidak pernah mengungkapkan orientasi seksnya terhadap siapa saja, namun hampir banyak orang di Sillicon Valley terutama di Apple yang sudah mengetahui bahwa dia adalah seorang gay. Akhirnya, Oktober 2014 Cook mengaku kalau dirinya penyuka sesama jenis.

Di tahun yang sama, Out Magazine pernah mengangkatnya sebagai icon gay paling sukses di tahun 2011. Tetap saja, informasi tersebut mengejutkan publik. Sebagian mengapresiasi kejujuran Cook, sekaligus memuji Apple karena tidak mendiskriminasi karyawan berprestasi. Sementara tetap banyak orang mengecam. Termasuk kubu kontra adalah seorang anggota parlemen Rusia yang menilai sosok di balik iPhone atau laptop MacBook itu tidak boleh menginjakkan kaki di Negeri Beruang Merah.

4 dari 5 halaman

Stephen Fry

Seniman Stephen Fry. ©2014 Merdeka.com

Stephen Fry adalah salah satu pemimpin kaum homoseksual sedunia. Bakatnya amat melimpah dan menjadi inspirasi bagi kelompok minoritas tersebut agar tidak takut tampil di hadapan publik. Pria kelahiran 24 Agustus 1957 ini berkali-kali masuk nominasi 10 besar gay pride, sebuah anugerah tingkat dunia bagi penyuka sesama jenis berprestasi dan berpengaruh.

Bahkan, masyarakat Inggris menaruh hormat padanya. Fry sulit dikotakkan dalam satu jenis keahlian, walaupun secara umum orang memandangnya sebagai seniman. Untuk menyebut beberapa saja, dia adalah aktor, yang sekaligus menulis naskah drama sendiri. Beberapa kali menjadi wartawan, dan lama berkiprah di televisi sebagai pembawa acara dokumenter.

Kaum gay sedunia semakin respek pada Fry, setelah dia sejak awal 2014 untuk mendokumentasikan kehidupan gay seluruh dunia. Seluruh benua dia jelajahi, mencari tokoh-tokoh homoseksual setempat. Dalam liputan yang ditayangkan stasiun televisi BBC tersebut, Fry juga membicarakan AIDS dan kehidupan keras kaum LGBT yang dipenjara karena terlibat kriminalitas.

5 dari 5 halaman

Ellen DeGeneres

Ellen Degeneres. ©2014 Merdeka.com/smh.com.au

Ellen Lee DeGeneres lahir pada tanggal 26 Januari 1958. Ia dikenal sebagai seorang seniman serba bisa berkebangsaan Amerika Serikat yang memenangkan nominasi Emmy Award untuk kategori komedian terbaik. Dia dilahirkan di New Orleans, Louisiana. Dia berkarier di dunia film sejak tahun 1988.

Setelah mencoba berbagai profesi termasuk waitress, tukang cat, dan bartender, Ellen akhirnya sukses menjadi komedian, kemudian pembawa acara TV.

Acara televisi 'Ellen' yang dia pandu sukses luar biasa. Ellen menjadi pembawa acara tersukses sedunia, setelah Oprah Winfrey. 

Ellen disebut-sebut berkawan dengan nyaris semua pesohor Hollywood, termasuk pemimpin politik AS. Presiden Barack Obama pernah sengaja datang ke acara Ellen. 

Ellen yang bercerai dari pasangan sejenisnya, Portia de Rossi, ditaksir memiliki kekayaan bersih USD 53 juta. [ard]

Baca juga:
Geger pasangan homo menikah, warga di Padang lapor polisi
Menkes sebut LGBT adalah masalah kejiwaan dan sumber penyakit
Dukung muslim, kaum LGBT Inggris unjuk rasa tolak Islamofobia
Gereja Katolik bela Manny Pacquiao, tak perlu minta maaf soal LGBT
Pendiri keluarga besar waria: Paedofil lebih kejam dari LGBT

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini