4 Ucapan belasungkawa menyentuh dari kepala negara di dunia untuk korban gempa NTB

Kamis, 9 Agustus 2018 06:20 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
4 Ucapan belasungkawa menyentuh dari kepala negara di dunia untuk korban gempa NTB Jokowi sambut Mahatir Mohamad di Halim. ©2018 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Gempa di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan sekitarnya mendapat perhatian dunia. Gempa berkekuatan 7 SR, dan hari ini kembali mengguncang dengan kekuatan 4,5 SR, memakan korban meninggal dunia hingga 105 orang. Bantuan terus mengalir dari dalam maupun luar negeri.

Tak hanya itu saja, pemimpin negara maupun perwakilan negara turut menyampaikan belasungkawa untuk para korban. Mereka sangat bersimpati atas bencana yang menimpa Indonesia beberpa hari yang lalu.

1 dari 4 halaman

Presiden Rusia Vladimir Putin

Presiden Rusia Vladimir Putin. AFP

Putin menyampaikan belasungkawanya kepada Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi), setelah gempa berkekuatan 7.0 Skala Richter (SR) mengguncang pulau wisata terpopuler di Tanah Air, Lombok, Nusa Tenggara Timur.

Orang nomor satu di Negeri Beruang Merah itu menuliskannya melalui telegram yang diunggah pada situs resmi Istana Kepresidenan, Kremlin.

"Terimalah ungkapan belasungkawa saya yang terdalam atas tragedi dan musibah besar yang disebabkan oleh gempa kuat di Pulau Lombok," kata telegram itu. "Saya meminta Anda (Jokowi) untuk menyampaikan simpati serta dukungan kepada keluarga dan teman-teman korban yang meninggal dan semoga semua yang terluka cepat pulih."

2 dari 4 halaman

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad

Mahathir Mohamad. ©2013 Merdeka.com/Faisal Assegaf

Mahathir Mohamad ucapkan rasa simpatinya atas gempa bumi yang mengguncang Lombok, NTB dan sekitarnya melalui sambungan telepon dengan Presiden Joko Widodo.

"Yang Mulia Tun Mahathir, terima kasih atas telepon Bapak. Atas nama pemerintah dan rakyat Indonesia, saya menyampaikan apresiasi atas perhatian dan kepedulian pemerintah dan rakyat Malaysia terhadap bencana gempa bumi di Lombok Utara yang juga terasa di Bali dan juga Jawa bagian timur," kata Jokowi di Istana Merdeka.

Saat menelepon, Jokowi menceritakan kejadian gempa yang terjadi pada Minggu 5 Agustus 2018. Termasuk penanganan dan evakuasi yang masih dilakukan.

"Sekali lagi, terima kasih atas persaudaraan yang ditunjukkan Malaysia. Terima kasih atas telepon Tun Mahathir yang sedang berada di Jepang," ucap Jokowi.

3 dari 4 halaman

Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono

Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono bersama Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. Liputan6.com/Angga Yuniar

Menlu Jepang Taro Kono mengucapkan belasungkawa kepada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi atas bencana yang menimpa Lombok dan sekitarnya. Jepang juga menawarkan bantuan untuk penanganan dampak gempa tersebut.

"Atas terjadinya gempa di pulau Lombok pada 29 Juli dan terjadi kembali pada 5 Agustus, kami menyampaikan rasa simpati kami yang mendalam kepada Pemerintah Indonesia dan kepada seluruh rakyat Indonesia yang menjadi korban dari kejadian ini," kata Kono.

"Serta mendoakan agar para korban luka dapat segera sembuh, kemudian area yang mengalami kerusakan akibat gempa dapat segera pulih," ujar Kono.

Kono menyatakan negaranya siapa memberikan bantuan yang diperlukan untuk Indonesia. "Pemerintah Jepang telah siap memberikan bantuan apa pun yang diperlukan Pemerintah Indonesia," ucapnya.

4 dari 4 halaman

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loon

lee hsien loong. ©Straits Times

PM Singapura Lee Hsien Loon tulis surat belasungkawa atas gempa yang terjadi di Lombok, NTB, 31 Juli 2018. "Kepada Presiden Jokowi. Saya merasakan kepedihan atas gempa yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat yang menyebabkan korban jiwa, terluka dan kerusakan. Atas rakyat Singapura, saya mengucapkan mengucapkan belasungkawa kepada Indonesia dan kelurga dari korban bencana ini," isi surat PM Lee Hsien Loong, kepada Presiden Jokowi.

"Doa kami kepada seluruh rakyat Indonesia dalam kondisi yang sulit ini dan mengharapkan korban luka bisa sembuh dengan cepat. Singapura siap untuk memberikan bantuan kepada Indonesia kapan pun dibutuhkan."

[has]

Topik berita Terkait:
  1. Gempa Lombok
  2. Gempa NTB
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini