4 Perusahan Penjual Senjata Canggih Laris Dibeli Banyak Negara

Senin, 26 November 2018 06:10 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
4 Perusahan Penjual Senjata Canggih Laris Dibeli Banyak Negara senjata Rusia. ©2018 premier.gov.ru

Merdeka.com - Senjata canggih paling diperlukan untuk keamanan negara. Tak sembarang negara mampu membuat senjata-senjata handal yang bisa melumpuhkan musuhnya. Tak hanya dalam negeri, senjata-senjata ini bisa digunakan dalam perang antar negara.

Bagi negara konflik, mereka memerlukan senjata yang sangat banyak sebagai amunisi perang. Biasanya mereka membeli senjata-senjata itu di negara tertentu. Berikut beberapa negara yang punya perusahan penjual senjata canggih:

1 dari 4 halaman

Kalashnikov Concern

senjata Rusia. ©2018 Sputnik Internasional

Kalashnikov Concern mendesain dan memproduksi berbagai senjata sipil dan militer termasuk senapan serbu, senapan sniper, senapan penembak jitu, senapan mesin, senjata otomatis, senapan berburu, senapan, proyektil artileri, kendaraan tanpa awak dan robot militer.

Perusahaan senjata Rusia ini memproduksi sekitar 95 persen dari semua senjata kecil di Rusia dan memasok senjata buatan mereka ke lebih dari 27 negara di seluruh dunia, menjadikannya pabrik senjata api terbesar di Rusia. Produk terkenalnya yaitu seri senapan serbu Kalashnikov (AK), seri senapan mesin ringan RPK, senapan sniper semi-otomatis Dragunov SVD, karabin semi-otomatis SKS, pistol Makarov PM, senapan Saiga-12, dan senapan mesin ringan Vityaz-SN dan PP-19 Bizon.

2 dari 4 halaman

General Dynamics Corporation (GD)

jet tempur buatan AS. ©2018 Aircraft Wiki

GD adalah perusahaan antariksa kedirgantaraan dan pertahanan Amerika yang dibentuk oleh merger dan divestasi. GD menjadi kontraktor pertahanan terbesar kelima di dunia berdasarkan jajak pendapat 2012. Perusahaan ini menempati peringkat No. 99 dalam daftar Fortune 500 tahun 2018 tentang perusahaan-perusahaan Amerika Serikat terbesar berdasarkan pendapatan total. GD bermarkas di West Falls Church, Fairfax County, Virginia.

Namun setelah Perang Dingin usai, perusahaan GD mulai berubah. Perusahaan kini memiliki empat segmen bisnis utama: Sistem Kelautan, Sistem Tempur, Teknologi Sistem Informasi, dan Aerospace.

Mantan Fort Worth Division General Dynamics memproduksi F-16 Fighting Falcon hingga 1993, yang merupakan salah satu jet tempur yang paling banyak diproduksi di dunia. Produksinya dijual ke Lockheed Martin.

3 dari 4 halaman

Krauss Maffei Artillery Gun Module

tank buatan jerman. ©2018 Army Technology

Perusahaan pembuatan senjata Jerman ini dibentuk pada tahun 1931 dari gabungan dua perusahaan, yaitu Munich Maffei (didirikan tahun 1838) dan Krauss & Co. (didirikan tahun 1860). Krauss Maffei mulai produksi tangki Leopard pada 1963 dan Leopard 2 pada 1973.

Tak hanya itu saja, Krauss Maffei juga memproduksi Artillery Gun Module, ATF Dingo, Boxer MRAV, Fennek, Flakpanzer Gepard, FLW remote weapon station, Henschel-Wegmann Train, KMW F2, KMW Grizzly, Krauss-Maffei ML 4000 C'C', M270 Multiple Launch Rocket System, Mungo ESK, Panzerhaubitze 2000, dan Puma.

4 dari 4 halaman

Pindad Indonesia

Pindad SS2. ©istimewa

PT Pindad (Persero) adalah perusahaan industri dan manufaktur yang bergerak dalam pembuatan produk militer dan komersial di Indonesia. Senjata buatan Pindad cukup banyak, mulai senapan serbu, senapan mesin, pistol, sampai kendaraan militer.

Senjata-senjata buatan Pindad seringkali dilirik negara lain. Seperti pistol G2 yang diekspor ke Timur Tengah, Senapan Serbu 2 atau SS2 yang diekspor ke Afrika, dan Panser Anoa. [has]

Baca juga:
Mengupas 5 senjata serbu asli buatan Indonesia

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini