4 Penampakan batu luar angkasa jatuh ke bumi, harganya mencapai miliaran

Rabu, 24 Oktober 2018 06:20 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
4 Penampakan batu luar angkasa jatuh ke bumi, harganya mencapai miliaran Hujan meteor. © Mashable.com

Merdeka.com - Benda angkasa seperti meteor selalu menghujani Bumi dalam waktu yang berbeda. Saat meteor meluncur ke Bumi, bentuknya seperti bintang jatuh. Itu disebabkan oleh panas yang muncul dari tekanan ram (bukan oleh gesekan atmosfer) saat meteoroid memasuki atmosfer. Cahaya yang muncul saat meteor memasuki Bumi itu dinamakan bolide.

Dan saat meteoroid tidak habis terbakar saat menembus atmosfer dan mencapai permukaan bumi, benda yang dihasilkan disebut meteorit. Inilah bebatuan yang muncul ketika meteor tiba di permukaan Bumi. Meteorit seperti ini ada yang berbentuk besar dan kecil.

Karena langka, tak jarang warga yang menemukan meteorit akan menjual temuannya pada orang lain dengan harga yang fantastis. Berikut bebatuan meteor yang dijual dengan harga sangat mahal:

1 dari 4 halaman

Meteor Fukang

Batu meteor dijual. ©Reuters

Meteorit Fukang adalah meteorit yang ditemukan di pegunungan dekat Fukang, China, pada tahun 2000. Meteor ini berjenis pallasit, sejenis meteorit campuran batu dan besi dengan kristal olivin. Diperkirakan Fukang berumur 4,5 miliar tahun, atau setara dengan usia Planet Bumi, bahkan lebih tua lagi. Berat meteorit ini 1,003 kilogram.

Meteor ini dilelang oleh lelang seni rupa internasional Bonhams pada 30 April 2008, dan laku terjual USD 2.700.000 atau sekitar Rp 41 miliar.

2 dari 4 halaman

Zagami

Batu meteor dijual. ©Reuters

Batu meteor paling mahal lain berhasil terjual lewat situs jual beli eBay. Batu bernama Zagami ini merupakan pecahan Mars nyasar ke bumi, tepatnya di Nigeria pada 1962.

Zagami memiliki berat 188 gram dan ditawarkan dengan harga awal USD 318,790 atau setara dengan Rp 4,3 miliar.

3 dari 4 halaman

Tissint Martian

Tissint Martian. ©2018 youtube

Tissint Martian ditemukan di Gurun Kalahari, Afrika, pada 2011. Batu itu berjenis Martian salah satu pecahan dari meteor Tissint.

Batu itu terjual dengan harga Rp 2,1 miliar. Sebuah pecahan meteor mahal dilihat dari ukuran, berat, keindahan, serta keistimewaan yang ada padanya.

4 dari 4 halaman

Meteorit Springwater

Meteorit Springwater. ©2018 wikipedia

Meteorit Springwater ditemukan di sebuah peternakan di Saskatchewan, Kanada pada tahun 1931. Springwater memiliki berat 117 pon dan diyakini berusia 4,5 miliar tahun.

Kolektor meteorit Royal Ontario Museum di Toronto yang melelang meteorit ini seharga USD 586,063 atau setara dengan Rp 8,9 miliar. [has]

Baca juga:
Keindahan hujan meteor hiasi langit tiga negara
Lubang-lubang raksasa di dunia, bentuknya ada yang menyeramkan
Hujan berlian di Sudan bukti ada planet tersembunyi
Pemandangan hujan meteor Perseid yang menakjubkan
Logam bulat seberat 7,4 kg jatuh dari langit di Kabupaten Agam

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini