KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

4 Pemimpin dunia dikecam akibat piknik saat rakyat kena bencana

Minggu, 28 Desember 2014 07:06 Reporter : Ardyan Mohamad
PM Najib Razak bermain golf dengan Obama saat Malaysia dikepung banjir. ©Asia One

Merdeka.com - Bencana adalah suratan takdir, manusia tidak bisa menolak. Tapi kehadiran pemerintah untuk menangani pemulihan dan evakuasi warga sangat diharapkan. Presiden atau perdana menteri sebagai pemimpin pemerintahan pun diharapkan bisa menggenjot moral warga agar lebih tabah menghadapi situasi sulit itu.

Salah satu contoh sukses keterlibatan pemerintah adalah musibah runtuhnya tambang Copiapo di Chile pada 2010. Presiden Sebastian Pinera memimpin langsung operasi penyelamatan 33 pekerja yang terjebak di bawah tanah.

Rakyat memuji. Selain karena seluruh korban bisa diselamatkan, pemerintah sungguh hadir lewat pengerahan alat berat hingga menyediakan kapsul canggih untuk evakuasi.

Tapi tak semua pemimpin bisa tanggap pada penderitaan rakyatnya seperti itu. Malah ada kepala pemerintahan yang asyik piknik ketika warganya mengalami bencana.

Dua hari terakhir, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak jadi bulan-bulanan rakyatnya lewat jejaring sosial. Warga Negeri Jiran marah melihat dia asyik main golf di Hawai, ketika banjir bandang terparah selama satu dekade terakhir melanda beberapa negara bagian. Lebih dari 100 ribu warga mengungsi.

Selain Najib, ada pemimpin dunia lain yang dikecam karena mementingkan urusan pribadinya dibanding mencurahkan energi untuk penanggulangan bencana. Mereka ketahuan pilih main atau datang ke acara internasional tidak penting. Siapa saja pemimpin dunia berkelakuan tak patut itu?

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.