39 Mayat dalam Truk di Inggris Diidentifikasi sebagai Warga China

Jumat, 25 Oktober 2019 13:58 Reporter : Pandasurya Wijaya
39 Mayat dalam Truk di Inggris Diidentifikasi sebagai Warga China temuan 39 mayat di dalam truk kontainer di inggris. ©UK Pool

Merdeka.com - Polisi Inggris kemarin mengatakan, keseluruhan 39 mayat yang ditemukan di dalam sebuah truk kontainer di Essex dua hari lalu diidentifikasi sebagai warga China. Kepolisian Inggris, Irlandia Utara, dan Belgia kini tengah menyelidiki kasus ini.

Polisi Essex dalam pernyataannya mengatakan penyebab kematian 39 orang itu masih belum diketahui. Mayat mereka ditemukan di dalam truk yang diparkir di kawasan Gray, Essex, sekitar 32 kilometer sebelah timur London.

Dilansir dari laman CNN, Jumat (24/10), polisi meyakini truk kontainer itu berasal dari Belgia dan masuk ke Inggris dua hari lalu, namun truk itu diyakini memulai perjalanan dari Irlandia Utara.

Jaksa Agung Belgia, Eric van der Sypt, mengatakan kepada CNN, kini pihaknya sudah membuka penyelidikan atas kasus penyelundupan orang.

"Saat ini kita belum tahu apakah orang-orang ini masuk ke dalam kontainer di pelabuhan Zeebrugge, Belgia, atau ketika tiba mereka sudah ada di dalamnya," ujar van der Sypt kepada CNN. Truk itu, kata dia, tiba pukul 14.49 Selasa lalu dan kemudian dikirimkan lewat kapal di hari yang sama.

Dalam laporan Badan Kriminal Nasional (NCA) 2019, Zeebrugge bagi polisi Inggris dikenal sebagai jalan masuk penyelundupan ke Inggris lewat kendaraan berat.

"Kami sudah menjalin kerja sama dengan NCA sejak lama. Memang bukan berita baru soal Zeebrugge yang menjadi target para penyelundup. Fokus kami saat ini adalah untuk mencari tahu siapa yang bertanggung jawab atas kejadian ini dan mengidentifikasi siapa saja pihak yang terlibat."

1 dari 1 halaman

Truk Kontainer Dilengkapi Mesin Pendingin

Menurut pihak berwenang, kontainer itu tiba Rabu pagi di Purfleet, kota di Sungai Thames, kemudian diangkut ke truk merah Scania dan dibawa ke kawasan Waterglade Industria Park di Grays.

Polisi yang dihubungi ke lokasi Rabu pagi mengatakan orang-orang di dalam truk itu ditemukan sudah dalam keadaan tidak bernyawa.

Polisi Essex mengatakan Kamis malam 11 korban sudah dibawa ke Rumah Sakit Broomfield di Chelmsford untuk pemeriksaan postmortem.

Para ahli mengatakan truk itu dilengkapi dengan ruang pendingin. Artinya suhu di dalam kontainer itu berkisar -20 Celcius hingga -23 Celcius.

"Dilihat dari bentuknya truk itu jelas berpendingin. Seratus persen," kata Richard Burnett, Ketua Asosiasi Angkutan Barang. Yang masih belum diketahui adalah kapan pendinginnya dinyalakan dan kapan orang-orang China itu masuk ke dalam kontainer.

Kepala pelabuhan Zeebrugge Joachim Coens mengatakan kepada stasiun televisi Belgia, VRT, kecil kemungkinan para korban masuk ke dalam kontainer di pelabuhan karena kontainer itu disegel.

"Seseorang sudah memeriksanya dengan kamera dan terlihat kontainer itu disegel utuh lalu ditempatkan ke terminal," ujar Coens.

Polisi kemudian menangkap Mo Robinson, sopir truk asal Irlandia Utara atas dugaan pembunuhan.

Di Irlandia Utara CNN menyaksikan pihak berwenang menggeledah dua rumah di County Armagh, sebelah barat daya Belfast. Warga setempat mengatakan salah satu rumah itu adalah rumahnya orang tua Robinson.

Dalam pernyataannya Kementerian Luar Negeri China mengatakan staf kedutaan di Inggris sudah dalam perjalanan ke lokasi untuk mengumpulkan informasi.

"Kami mendengar kabar duka tentang kematian 39 orang di Essex, Inggris. Kami sedang menjalin komunikasi dengan polisi Inggris untuk mendapat informasi ," kata Kedutaan China di Inggris. [pan]

Baca juga:
Polisi Inggris Selidiki Temuan 39 Mayat di Dalam Truk Kontainer
Kunjungi Masjid Terbesar di Pakistan, Kate Middleton Cantik Berbusana Muslimah
Gaya Kate Middleton dan Pangeran William Turun dari Bajaj di Pakistan
Penyintas Kanker Berenang Seberangi Selat Inggris Selama 54 Jam Nonstop
Lukisan Seniman Jalanan Banksy 'Devolved Parliament' Terjual Rp172 Miliar
Sensasi Berkemah di Gereja Tua Inggris

Topik berita Terkait:
  1. Inggris
  2. Pembunuhan
  3. China
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini