Ciputra

Foto:

Ciputra


Nama Lengkap : Ciputra

Alias : Pak Ci

Profesi : Pengusaha

Tempat Lahir : Parigi, Sulawesi Tengah

Tanggal Lahir : Senin, 24 Agustus 1931

Zodiac : Virgo

Warga Negara : Indonesia


No Relation
BIOGRAFI

Sosok Dr. Ir. Ciputra adalah seorang insinyur dan pengusaha properti terkemuka dari Indonesia. Ayah empat anak ini dikenal sebagai pengusaha super-sukses melalui berbagai kelompok perusahaan yang dibidani sendiri maupun bersama para rekannya.

Pada usia ke-12 tahun, lelaki keturunan Tionghoa ini harus kehilangan ayahnya yang meninggal dalam tahanan pendudukan Jepang. Alih-alih berduka terlampau dalam, Ciputra justru melihat peristiwa tersebut sebagai cambuk untuk memotivasi diri sendiri dengan menempuh pendidikan di pulau Jawa. Dan benar saja, sekitar 1957 atau saat masih duduk di bangku kuliah Jurusan Arsitektur, Institut Teknologi Bandung, pria kelahiran Parigi, Sulawesi Tengah ini telah merintis usaha biro arsitek, PT Daya Cipta, bersama dua sejawatnya, Ir. Ismail Sofyan dan Ir. Budi Brasali. Salah satu kontrak penting yang memuluskan jalan Ciputra pada dunia bisnis pengembang di Indonesia adalah kesempatan untuk menangani proyek gedung bertingkat di Banda Aceh.

Menamatkan pendidikan tingkat sarjana dari ITB pada 1960, pria bernama asli Tjie Tjin Hoan ini mulai peruntungan di Jakarta. Perusahaan yang dirintis bersama beberapa rekannya, PT Perentjaja Jaja IPD, berhasil mengamankan proyek pembangunan pusat perbelanjaan di kawasan Senen. Bahkan proposal untuk proyek tersebut, diajukan kepada Gubernur Jakarta saat itu Dr. R. Soemarno, diterima dan ditindaklanjuti atas pertimbangan langsung Presiden Soekarno dan berujung pada berdirinya PT Pembangunan Jaya yang 40% dari sahamnya dimiliki oleh Pemda DKI.

Di bawah bendera perusahaan yang sama dan pasca proyek pusat perbelanjaan di kawasan Senen, nama Ir. Ciputra semakin kokoh dikenal sebagai 'pakar pengembang' yang banyak menangani berbagai kawasan elit di wilayah Indonesia. Beberapa mega-proyek ditangani perusahaan besutan tokoh penerima berbagai penghargaan dunia bisnis tersebut seperti pembangunan Taman Impian Jaya Ancol dan Bintaro Jay.

 Juga di bawah tangan dingin Ciputra, kelompok perusahaan Grup Jaya yang didirikan pada 1961, saat itu dengan modal sekitar Rp 10 juta, kini telah mampu memiliki total asset senilai Rp. 5 trilyun. Dan pengusaha kelahiran 1931 ini mengendalikan 5 kelompok usaha yang bergerak di sektor properti yaitu Jaya Group itu sendiri, Metropolitan, Pondok Indah, Bumi Serpong Damai, dan Ciputra Development.

Ciputra dan kelompok perusahaan pengembangnya telah menangani sekitar 11 proyek perkotaan elit termasuk Bumi Serpong Damai, Pantai Indah Kapuk, Puri Jaya, Citraraya Kota Nuansa Seni, Kota Taman Bintaro Jaya, Pondok Indah, Citra Indah, Kota Taman Metropolitan, Citra Raya Surabaya, Kota Baru Sidoarjo, dan Citra Westlake City yang tersebar di Jabodetabek, Surabaya, dan kota baru Westlake City yang berlokasi di Vietnam.

Di samping pengusaha, nama Ir. Ciputra juga dikenal sangat aktif dalam bidang sosial utamanya terkait pendidikan kemasyarakatan. Pendiri Sekolah dan Universitas Ciputra ini terlibat aktif dalam lebih dari 10 yayasan yang bergerak di bidang pembinaan olahraga, pendidikan, seni hingga budaya, seperti pendirian Ciputra Art Gallery, Museum and Theater. 

Alhasil, tidak mengherankan jika kiprah dan sumbangsih Ciputra dalam bidang pengembangan properti di Indonesia diabadikan dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) melalui dua rekor sekaligus: sebagai wirausahawan peraih penghargaan terbanyak di berbagai bidang dan sebagai penyelenggara pelatihan kewirausahaan terbanyak khususnya kepada para dosen di Indonesia, yakni sekitar 1600 dosen yang disampaikan melalui Universitas Ciputra Entrepreneurship Center (UCEC).

Riset dan analisi: Fidelia Fitri - Mochamad Nasrul Chotib

PENDIDIKAN
  • SMP Frater Don Bosco, Manado
  • SMA Frater Don Bosco, Manado
  • Institut Teknologi Bandung
KARIR
  • Pendiri PT Daya Cipta
  • Direksi Jaya Group
  • Penasihat Jaya Group
  • Pendiri Metropolitan Group
  • Direktur Utama Jaya Group
  • Presiden Komisaris Metropolitan Group
  • Pendiri Ciputra Group
  •  Pendiri Grup Pondok Indah, Grup Bumi Serpong Damai
  • Pendiri PT Metropolitan Development
  • Pendiri PT Pembangunan Jaya
  • Pendiri PT Daya Cipta (biro arsitek)
PENGHARGAAN
  • Lifetime Achievement Award versi majalah Globe Asia 2007
  • Lifetime Achievement Award versi Enterprise Asia
  • Enterpreneur Of The Year versi Ernst and Young Indonesia, 2007
  • World Enterpreneur Of The Year versi Global Ernst and Young Montecarlo, 2008
  • The 2nd Most Admired CEO in Indonesia versi Swa Leadership Award 2008
  • Penghargaan khusus dari Teo Ming Kian selaku Chairman MediaCorp, induk Perusahaan Channel NewsAsia
  • Lifetime Achievement Luminary Award dari Channel NewsAsia Singapura, 2013. Dan masih banyak penghargaan lainnya.
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Sabtu, 28 Desember 2019 07:03:00 Tokoh Tanah Air Berpulang Sepanjang 2019

    Tidak sekadar memiliki nama besar. Banyak jasa dan andil dari tangan dingin mereka membuat Indonesia menjadi bangsa besar yang selalu menjaga persatuan dan kesatuan serta kerukunan.

  • Jumat, 29 November 2019 06:40:00 Gurita Bisnis Pencetak Kekayaan Ciputra hingga Rp18 Triliun

    Ciputra membangun Ciputra Group sejak 1981. Kini, Ciputra Group memiliki bisnis di berbagai sektor, mulai dari sektor properti, media, hingga keuangan

  • Kamis, 28 November 2019 20:14:15 Anies Baswedan: 50 Tahun Hidup Ciputra Untuk Mengabdi di Kota Ini

    Anies mengatakan, pengabdian besar dilakukan oleh Ciputra dimulai pada saat merancang pembangunan Pasar Senen di era Gubernur DKI Jakarta pada zaman Soemarno kala itu. Kemudian, tak kalah penting adalah ketika campur tangannya dalam membesarkan Taman Impian Jaya Ancol.

  • Kamis, 28 November 2019 18:57:15 Bos Lippo Mochtar Riady Sebut Ciputra Berjasa di Pembangunan Ekonomi dan Pendidikan

    Dari Ciputra pula, Proyek Senen sebagai properti yang paling bergengsi di Jakarta, dibangun. Ketika itu, di Jakarta belum ada pusat perbelanjaan modern.

  • Kamis, 28 November 2019 17:39:49 Menlu Retno Soal Ciputra: Kita Kehilangan Tokoh Entrepreneurship

    Menteri Luar Negeri Retno Marsudi turut menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya konglomerat properti Ir Ciputra. Hal itu disampaikan usai dirinya melayat ke tempat persemayaman Ciputra bersama sang suami.

  • Kamis, 28 November 2019 17:22:37 Anak Ciputra: Tidak Ada Firasat dan Pesan-pesan Terakhir dari Sang Ayah

    Rina menjelaskan, ayahnya memang sempat di rawat di rumah sakit berada di Singapura kurang lebih hampir sekitar 45 hari. Namun, ditegaskan dia kepergian ayahnya bukan karena mengidap penyakit, melainkan sudah memasuki usia tuanya.

  • Kamis, 28 November 2019 16:23:53 Ciputra Group Belum Ada Rencana Rombak Susunan Komisaris

    Dalam jangka panjang, anak sulung dari Ciputra itu menginginkan mencari komisaris selevel dengan posisi jabatan ayahnya sebagai Komisaris Utama di Ciputra. Pihak keluarga lain nantinya juga akan terlibat untuk menganalisa mencari siapa yang akan cocok menggantikan posisi sang ayah.

  • Kamis, 28 November 2019 16:03:35 Kisah Ciputra Latih Kewirausahaan PSK

    Senior Director Ciputra Group, Tanan Herwandi Antonius menceritakan pengalaman tak terlupakan selama bekerja di bawah tangan Almarhum Ir Ciputra. Dia mengaku merasakan banyak hal berharga yang didapatkan dari salah satu sosok pendiri Ciputra Group tersebut.

  • Kamis, 28 November 2019 14:57:05 Sosok Ciputra di Mata Rina Sang Anak

    Rina mengaku sangat terpukul atas kepergian sang ayah. Bagi Rina, Ciputra sudah menjadi role model sosok motivator dan juga inspirator tak hanya di lingkungan keluarga, namun juga di lingkungan Ciputra Group.

  • Kamis, 28 November 2019 13:08:28 Petuah Ciputra ke Generasi Muda: Banyak Berkarya, Kita Hidup Tidak Lama

    Agung mengisahkan, ada salah satu pesan yang cukup diingat oleh dirinya. Beberapa kali, dirinya mengaku kerap diingatkan oleh Ciputra bahwa hidup di dunia itu tidak akan lama. Sebisa mungkin, dalam waktu yang tidak lama ada hal yang mesti dilakukan.

  • Kamis, 28 November 2019 12:41:46 Bos Lippo Apresiasi Jasa Ciputra dalam Pembangunan Indonesia

    Pendiri Lippo Group, Mochtar Riady mengapresiasi jasa besar pengusaha Ciputra atas perannya dalam membangun Indonesia. Meski berstatus sebagai rival pada sektor industri properti dalam negeri, dia tak mau menafikan sumbangsih Ciputra yang telah bantu membangun perekonomian Indonesia.

  • Kamis, 28 November 2019 11:00:34 Jenazah Ciputra Telah Berada di Ciputra Artpreuner untuk Disemayamkan

    Jenazah Konglomerat properti Ir Ciputra telah tiba di Artepreneur Ciputra Word 1, Kuningan Jakarta, Kamis (28/11). Rencananya jenazah tersebut akan disemayamkan sementara di lantai 13 Ciputra World 1, sebelum nantinya akan dimakamkan pada pekan depan.

  • Kamis, 28 November 2019 10:55:52 Jenazah Ciputra Disemayamkan di Artpreneur Ciputra Word I

    Jenazah konglomerat properti Ir Ciputra telah tiba di Artepreneur Ciputra Word 1, Kuningan Jakarta, Kamis (28/11). Jenazah disemayamkan sementara di lantai 13 Ciputra Word 1, sebelum nantinya akan dimakamkan pada pekan depan.

  • Kamis, 28 November 2019 06:00:00 Keteladanan Berbisnis Ciputra Hingga Wariskan Kekayaan Rp18,32 Triliun

    Indonesia baru saja kehilangan salah satu tokoh ternama bernama Ciputra. Pengusaha properti Ir Ciputra meninggal dunia di usia 88 tahun. Dikutip dari Forbes, Ciputra dan keluarganya memiliki harta kekayaan USD 1,3 miliar atau setara Rp18,32 triliun (asumsi Rp14.098 per USD), data per 26 November 2019.

  • Rabu, 27 November 2019 20:47:54 Bos Crown Group: Ciputra Sosok Legendaris Tak Lekang Ditelan Waktu

    Dalam pandangan Iwan, Ciputra adalah sosok legendaris dengan banyak legacy yang ditinggalkan. Kontribusi Ciputra dalam pengembangan kewirausahaan sungguh patut diberi apresiasi setinggi-tingginya.

  • Rabu, 27 November 2019 20:07:55 Bos Indofood Kenang Ciputra: Pengusaha yang Sangat Inovatif dan Kreatif

    Franky menyebut sosok Ciputra sebagai pengusaha yang inovatif dan kreatif karena mampu mengombinasikan standar arsitektur dengan estetika, dan budaya.

  • Rabu, 27 November 2019 15:21:19 Cerita Eks Mendag Enggar Saat Ciputra Dirikan REI

    Mantan menteri perdagangan yang juga pernah menjadi Ketua Umum Real Estate Indonesia (REI) Enggartiasto Lukita mengenang sosok konglomerat Ciputra saat mendirikan asosiasi yang menaungi para pengusaha properti di Indonesia, yakni REI.

  • Rabu, 27 November 2019 14:43:40 Ciputra di Mata Erick Thohir: Tokoh Properti Hasilkan Banyak Karya

    Erick juga menyampaikan bahwa semoga amal dan ibadah Ciputra yang biasa dipanggil Pak Ci dilipatgandakan Yang Maha Kuasa, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran.

  • Rabu, 27 November 2019 14:33:29 Kadin Sebut Ciputra Sosok Evolusi Industri Properti

    Wakil Ketua Umum Bidang Hubungan Internasional Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Shinta W Kamdani menilai, mendiang konglomerat Ciputra atau yang akrab disapa Pak Ci sebagai sosok luar biasa dalam evolusi industri properti Indonesia.

  • Rabu, 27 November 2019 14:16:10 Jejak Gemilang Ciputra di Taman Impian Jaya Ancol

    Kabar duka sedang menyelimuti keluarga besar Grup Jaya dan Grup Ciputra. Pendiri kelompok usaha properti ini, Ir Ciputra, mengembuskan napas terakhirnya pada hari ini, Rabu (27/11) dinihari waktu Singapura. Beliau adalah pendiri Taman Impian Jaya Ancol.

Sebelumnya