Hoaks Catut Cristiano Ronaldo di Sepanjang Piala Dunia 2022, Terbaru Disebut Mualaf

Selasa, 6 Desember 2022 08:05 Reporter : Syifa Hanifah
Hoaks Catut Cristiano Ronaldo di Sepanjang Piala Dunia 2022, Terbaru Disebut Mualaf Cristiano Ronaldo. ©Getty Images

Merdeka.com - Bintang sepak bola asal Portugal Cristiano Ronaldo, selalu menarik perhatian publik. Tapi, sayangnya dia sering kali menjadi korban hoaks yang beredar di media sosial.

Terbaru, hoaks tentang Cristiano Ronaldo yang diklaim masuk islam saat Piala Dunia Qatar.

Merdeka.com, merangkum beberapa hoaks yang mencatut nama Cristiano Ronaldo. Berikut ulasannya:

2 dari 4 halaman

1. CEK FAKTA: Hoaks Cristiano Ronaldo Masuk Islam Saat Piala Dunia Qatar

Cristiano Ronaldo, diklaim masuk Islam saat Piala Dunia 2022 Qatar, beredar di media sosial Facebook.

Dalam unggahan tersebut muncul foto Ronaldo mengenakan baju gamis berwarna putih dengan penutup kepala. Akun itu menambahkan narasi:

"Ronaldo Resmi Jadi Mualaf Di Piala Dunia Qatar 2022.? ?Inilah Bukti Pemain Bintang CR7 Tertarik Masuk Agama Islam," narasi diunggah pada 29 November 2022.

Penelusuran

Cristiano Ronaldo diklaim masuk Islam saat Piala Dunia 2022 di Qatar adalah tidak benar. Foto dia mengenakan baju gamis saat dia berlibur di Dubai pada 2014 lalu.

Foto yang sama diunggah situs Rabian Business, situs berita dari Dubai, pada tanggal 28 Desember 2014.

Diterjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, judul artikel itu berbunyi: “Foto: Cristiano Ronaldo menghabiskan Natal di Dubai.” Artikel tersebut juga melaporkan bahwa Ronaldo mengunggah beberapa foto di akun media sosialnya.

3 dari 4 halaman

2. CEK FAKTA: Hoaks Cristiano Ronaldo Menertawakan Kekalahan Argentina

Arab Saudi membuat kejutan di Piala Dunia Qatar 2022 usai mengalahkan Argentina dengan skor 2-1. Di media sosial beredar video yang menampilkan Cristiano Ronaldo sedang tertawa lepas dengan memegang kertas bertuliskan;"ARGENTINA-1

SAUDI ARABIA-2" yang diklaim sedang menertawakan kekalahan Argentina

Video tersebut Ronaldo duduk dengan pulpen dan kertas di tangan, saat menunjukkan kertas yang dibawanya Ronaldo tertawa.

Penelusuran

Video Cristiano Ronaldo tertawa karena Argentina kalah adalah hasil editan. Video aslinya Ronaldo tertawa karena gambar tentang Pepe. Bukan karena menertawakan kekalahan Argentina dari Arab Saudi.

Video yang sama diunggah situs Hindustan Times, dijelaskan tim sepak bola nasional Portugal, bintang Cristiano Ronaldo dan Pepe menggambar satu sama lain.

Dalam video singkat tersebut, keduanya duduk di atas meja berseberangan dengan pulpen dan kertas di tangan. Saat keduanya saling memandang dengan baik, mereka mulai menggambar. Setelah Ronaldo selesai, dia menunjukkan gambar yang dia buat tentang Pepe dan tertawa terbahak-bahak. Melihat foto itu, Pepe terlihat geli.

Lebih lanjut dalam video tersebut, Pepe membuat potret Ronaldo yang kocak. Dia mengatakan bahwa dia hanya menggambar mulutnya, dan gambarnya akan lengkap. Setelah selesai, dia menunjukkannya ke kamera, dan keduanya tertawa lagi. Latihan tim ini dilakukan menjelang pertandingan pembuka Piala Dunia FIFA 2022 melawan Ghana pada 24 November.

4 dari 4 halaman

3. CEK FAKTA: Hoaks Benzema-Zidane Datangi Rumah Ronaldo Buat Melayat Istrinya Meninggal

Unggahan di media sosial beredar dan mengeklaim pemain Real Madrid, Karim Benzema dan mantan pelatih Real Madrid, Zinédine Zidane melayat ke rumah Ronaldo karena istrinya meninggal. Video itu diunggah oleh pengguna TikTok @manchesterunit3din pada 13 November 2022.

Video berdurasi 8 detik menampilkan Benzema bersalaman dengan Zidane. Sementara itu, narasi yang ada di dalam video tertulis, "BENZEMA DAN ZIDAN M3L4YAT KERUMAH RONALDO I5TRINYA M3N1NGG4L".

Penelusuran

Momen Benzema bersalaman dengan beberapa orang, termasuk Zidane adalah kejadian saat mereka menghadiri acara Gala Ballon d'Or 2022. Penelusuran dilakukan dengan mengunjungi akun Instagram Ballon dÓr @francefootball dan pakaian yang dikenakan Benzema di unggahan itu persis dengan pakaian yang ada di dalam video TikTok, khususnya di bagian kerah kemeja.

Sementara itu, pencarian menggunakan kata kunci "istri Ronaldo" menghasilkan artikel detik.com berjudul "Kabar Duka, Putra Ronaldo dan Georgina Meninggal" yang diterbitkan 19 April 2022. Dalam tulisan itu dijelaskan bayi laki-laki dari anak kembar yang di kandung istri Ronaldo, Georgina, meninggal dunia. Anak yang dikandung itu seharusnya berjenis kelamin laki-laki dan perempuan.

"Dengan kesedihan mendalam kami mengumumkan bahwa bayi laki-laki kami telah meninggal dunia. Ini adalah rasa pedih yang terbesar buat orang tua manapun," tulis Ronaldo dan Georgina di Instagram (19/4).

[lia]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini