Deretan Hoaks Menghebohkan Manfaatkan Momentum Piala Dunia Qatar

Rabu, 7 Desember 2022 08:51 Reporter : Syifa Hanifah
Deretan Hoaks Menghebohkan Manfaatkan Momentum Piala Dunia Qatar Pertandingan piala dunia Portugas vs Swiss. ©2022 REUTERS

Merdeka.com - Pertandingan Piala Dunia 2022 di Qatar telah memasuki babak perempat final. Ironinya, hoaks-hoaks tentang Piala Dunia beredar luas di media sosial. Narasinya pun beragam.

Mulai dari, video sekelompak anak-anak membaca Alquran saat pembukaan Piala Dunia, sampai tentang ruang ganti pemain Jepang dipenuhi sampah.

Lalu apa saja hoaks yang beredar sejak perhelatan Piala Dunia Qatar? Simak ulasannya:

2 dari 5 halaman

1. CEK FAKTA: Hoaks, Foto Ruang Ganti Pemain Jepang Penuh Sampah

Beredar di media sosial foto-foto yang diklaim sebagai ruang ganti pemain Jepang terlihat kotor dan banyak sampah. Foto sampah berserakan, disebut terjadi usai Jepang melawan Costa Rica di Piala Dunia pada 27 November 2022.

"Japan's dressing room after Costa Rica match.

#Qatar2022 #WorldCup #Japan #QatarWorldCup2022 #CostaRica
#Germany #Messi #WorldCup2022"

Penelusuran

Setelah dilakukan penelusuran menggunakan Google Image, mengungkapkan bahwa gambar tersebut diambil di stadion Renzo Barbera di Palermo dan menunjukkan ruang ganti tim Italia setelah kekalahan mereka dari Makedonia Utara.

Dikutip dari situs givemesport.com, 27 Maret 2022 penampakan ruang ganti yang penuh sampah tersebut terjadi di mana tim Italia meninggalkan ruang ganti setelah kalah dari Makedonia Utara.

FIFA memiliki gambar yang menunjukkan ruang ganti Jepang setelah pertandingan pembukaan tim melawan Jerman, di Stadion Khalifa, tanpa sampah. Terlihat baju dan handuk yang dilipat dan disusun secara rapi dan lantai yang bersih. Terdapat origami angsa dengan catatan ucapan terima kasih kepada penyelenggara.

3 dari 5 halaman

2. CEK FAKTA: Hoaks Video Pertandingan Piala Dunia Qatar Berhenti karena Suara Azan

Sebuah video pertandingan sepak bola berhenti sementara ketika suara azan berkumandang beredar di Facebook. Video tersebut diklaim terjadi di Piala Dunia Qatar 2022.

Video berdurasi Video berdurasi 3 menit 29 detik itu pertandingan sedang berlangsung. Kemudian terdengar lantunan azan. Wasit yang memimpin pertandingan pun meniup pluit dan memutuskan menghentikan sementara pertandingan tersebut.

"Masya Allah Tabarakallah apapun itu kalo azan stop dulu..... piala dunia ini kali ini memang beda eeee subhanallah 🤲🤲🤲🤲😇😇😇😇😇😇😇" tulis salah satu akun Facebook.

Penelusuran

Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "pertandingan sepak bola berhenti karena azan" di kolom pencarian situs berbagi video YouTube.

Dikutip dari Liputan6.com, hasilnya terdapat video identik yang diunggah channel YouTube Cordova Media pada 27 Januari 2018 lalu. Video tersebut berjudul "Momen ketika Wasit Menghentikan Pertandingan di Kala Adzan Berkumandang".

Video tersebut diberi keterangan:

Ada kejadian menarik yang terjadi di pertandingan antara Al Feiha berhadapan dengan Al Fateh di Stadion King Salman, Al Majma'ah, pada Rabu (24/01/18) kemarin. Pasalnya, mantan wasit Liga Primer Inggris, Mark Clattenburg yang memimpin pertandingan menghentikan laga kala Adzan berkumandang.

4 dari 5 halaman

3. CEK FAKTA: Hoaks Ada Salat Berjamaah dalam Stadion Saat Piala Dunia Qatar

Sebuah video merekam sejumlah orang tengah melaksanakan salat berjamaah saat berlangsungnya Piala Dunia Qatar 2022.

Video berdurasi 30 detik itu memperlihatkan sejumlah salat berjamaah di dalam stadion.

"world cup 2022
Qatar pray"

Penelusuran

Penelusuran mula-mula dilakukan dengan menelusuri lokasi dan nama stadion yang ada dalam video, dengan memasukkan kata kunci "kazan stadium" di kolom pencarian Google Search. Kata "kazan" terlihat jelas pada deretan kursi penonton stadion.

Hasilnya, stadion dalam video tersebut bukan berada di Qatar, melainkan di Kazan, Rusia. Dikutip dari bola.com, Kazan Arena merupakan markas dari salah satu klub sepak bola Rusia, Rubin Kazan. Pembangunan stadion ini dimulai pada Mei 2010 dan berakhir pada awal 2013.

Video serupa pernah diunggah akun Facebook Wobbler Busters pada Juni 2019. Video tersebut berjudul "Prayers at Kazan Stadium, Tatarstan (May 25th 2019)".

Video tersebut merupakan rangkaian acara buka puasa bersama dan salat berjamaah di Kazan Arena, Rusnia pada 25 Mei 2019. Akun Facebook Wobbler Busters mengklaim acara tersebut dihadiri 15 ribu orang.

5 dari 5 halaman

4. CEK FAKTA: Tidak Benar Video Anak-Anak Baca Alquran Saat Pembukaan Piala Dunia Qatar

Pertandingan Piala Dunia atau World Cup 2022 Qatar sudah dimulai. Di media sosial, beredar video yang diklaim sebagai opening caremony Piala Dunia.

Dalam video berdurasi 46 detik, menampilkan anak-anak yang sedang membaca ayat suci Al-quran di sebuah stadion.

"Fifa world cup 2022 opening caremony at Qatar" narasi di media sosial TikTok.

Penelusuran

Hasil penelusuran cek fakta merdeka.com, video anak-anak sedang membaca Alquran di Stadion bukan saat upacara pembukaan atau opening caremony Piala Dunia di Qatar.

Video aslinya, pembacaan Alquran oleh anak-anak dilakukan saat peresmian stadion Piala Dunia Al Thumama. Video yang sama diunggah diunggah akun Facebook Doha News pada 24 Oktober 2021.

"This is how Qatar incorporated its Islamic Culture at the inauguration of the World Cup Al Thumama stadium.
Children were seen reciting verses on ‘mercy’ from the Quran."

Atau dalam Bahasa Indonesia

Beginilah cara Qatar memasukkan Budaya Islamnya pada peresmian stadion Piala Dunia Al Thumama. Anak-anak terlihat membaca ayat-ayat tentang 'rahmat' dari Al-Qur'an.

[lia]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini