CEK FAKTA: Waspada Penipuan Terkait Penerimaan Bantuan Rp47 Juta Catut BPJS Kesehatan

Senin, 7 Juni 2021 19:53 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Waspada Penipuan Terkait Penerimaan Bantuan Rp47 Juta Catut BPJS Kesehatan BPJS Kesehatan. ©2019 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Informasi BPJS Kesehatan memberikan bantuan kepada masyarakat beredar melalui pasan singkat atau SMS. Dalam pesan tersebut tertulis kalimat tentang BPJS memberi bantuan sebesar Rp47 juta dan disertai sebuah tautan untuk mengklaim dana bantuan tersebut.

waspada penipuan terkait penerimaan bantuan rp47 juta catut bpjs kesehatan
©Kominfo

Penelusuran

BPJS Kesehatan melalui media sosial Instagramnya @bpjskesehatan_ri meminta masyarakat untuk berhati-hati terhadap upaya penipuan yang mengatasnamakan BPJS Kesehatan, baik itu melalui SMS, chat WhatsApp atau situs web tentang dana Bantuan BPJS Kesehatan.

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti, melalui laman Instagram resmi BPJS Kesehatan menegaskan, BPJS Kesehatan tidak pernah memberikan dana bantuan apapun seperti yang tertulis dalam pesan SMS yang beredar.

Untuk memastikan semua informasi tentang BPJS Kesehatan, dapat diakses melalui laman bpjs-kesehatan.go.id atau bisa konfirmasi ke BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 atau akun media sosial resmi BPJS Kesehatan.

Kesimpulan

SMS mengatasnamakan BPJS Kesehatan memberikan bantuan senilai Rp47 Juta adalah hoaks. Faktanya, BPJS Kesehatan tidak pernah memberikan dana bantuan apapun seperti yang tertulis dalam pesan SMS yang beredar.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini