CEK FAKTA: Waspada Modus Penipuan Mengatasnamakan Tokopedia

Selasa, 24 Mei 2022 09:51 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Waspada Modus Penipuan Mengatasnamakan Tokopedia ilustrasi tokopedia. © Tokopedia

Merdeka.com - Beredar tangkapan layar pesan WhatsApp yang mengatasnamakan Tokopedia di media sosial Twitter. Pesan tersebut berisi tentang permintaan klaim hadiah dari Tokopedia dengan memberikan data pribadi ke nomor WhatsApp yang tercantum dalam pesan tersebut.

waspada modus penipuan mengatasnamakan tokopedia
Twitter

Tokopedia melalui akun Twitter resminya, memastikan jika pesan tersebut adalah hoaks. Masyarakat diimbau untuk lebih hati-hati agar tidak menjadi korban penipuan.

"Kami infokan bahwa pihak yang menghubungi dan menawarkan hadiah tersebut bukan dari Tim Tokopedia jadi dapat diabaikan saja ya. Sebagai info tambahan, segala bentuk event, promo, dan hadiah dari Tokopedia hanya akan diinfokan dan diumumkan melalui website resmi Tokopedia," tulis akun Twitter @tokopedia.

Tokopedia akan menyampaikan informasi tentang promo, undian, dan info lain melalui media resmi seperti website, blog, Twitter, Instagram, Facebook yang terverifikasi dan email dengan domain @tokopedia.com.

Tips dari Tokopedia agar terhindari dari modus penipuan. Pertama, jangan mudah percaya dan abaikan ajakan tersebut. Jangan menjalankan program yang diinformasikan oleh akun tersebut.

Kemudian, jangan mengakses link apapun yang diberikan oknum tersebut. Jangan memberikan data apapun kepada oknum tersebut. Jangan melakukan pembayaran apapun atau transfer dana ke oknum tersebut.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://twitter.com/tokopedia/status/1527972556720025603
https://www.kominfo.go.id/content/detail/42043/hoaks-modus-penipuan-mengatasnamakan-tokopedia/0/laporan_isu_hoaks

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini