CEK FAKTA: Video Parade Perahu Naga Emas Ini Bukan Bagian Perayaan Imlek

Selasa, 24 Januari 2023 13:13 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Video Parade Perahu Naga Emas Ini Bukan Bagian Perayaan Imlek CEK FAKTA: Video Parade Perahu Naga Emas Ini Bukan Bagian Perayaan Imlek. ©2023 Liputan6.com

Merdeka.com - Sebuah video memperlihatkan parade naga emas di sebuah perairan, beredar di Facebook. Narasinya, parade tersebut diklaim sebagai bagian dari perayaan Imlek.

Video parade naga emas merayakan Imlek berupa cahaya berbentuk panjang meliuk-liuk di atas perairan. Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Parade Naga 🐉 emas di sepanjang sungai Yulong di Yangshuo_Guilin 🇨🇳

para warga negara komunis menghormati dewa-dewi Pagan di liburan Tahun Baru Imlek sebagai tradisi nenek moyang," sebagian dari narasi yang beredar.

cek fakta video parade perahu naga emas ini bukan bagian perayaan imlek
©2023 Liputan6.com

2 dari 3 halaman

Penelusuran

Penelusuran terkait klaim video parade naga emas merayakan Imlek, dengan menangkap layar video tersebut untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Google Image.

Dikutip dari liputan6.com, Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Encounter golden 'dragon' on dazzling Yulong River" yang dimuat situs en.gxzf.gov.cn, pada 20 Mei 2022, situs tersebut memuat kumpulan foto yang identik dengan klaim.

Situs en.gxzf.gov.cn menyebutkan, pada tanggal 19 Mei 2022, 80 rakit bambu dengan lampu emas membentuk "naga" sepanjang 70 meter di sepanjang Sungai Yulong, Desa Yulong, Kota Baisha Guilin, Guangxi Zhuang, terlihat di malam hari hingga menarik perhatian pengunjung.

Kegiatan tersebut digelar sebagai perayaan 12th China Tourism Day, dan untuk meningkatkan daya tarik Sungai Yulong sekaligus menciptakan model wisata malam baru.

Dalam keterangan video berjudul "Check out the 700-meter-long (.4 mile) dragon boat" yang dimuat akun YouTube resmi Jaringan Televisi Global China CGTN America menyebutkan perahu itu digunakan untuk membawa minat dan lebih banyak pariwisata ke Daerah Otonomi Guangxi Zhuang.

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Klaim parade naga emas merayakan Imlek adalah keliru. Faktanya, lampu emas berbentuk "naga" adalah lampu Sungai Yulong, sebagai perayaan 12th China Tourism Day pada Mei 2022 lalu. Tidak ada kaitannya dengan perayaan Imlek.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5187397/cek-fakta-tidak-benar-parade-perahu-naga-emas-dalam-video-ini-bagian-perayaan-imlek
http://en.gxzf.gov.cn/2022-05/20/c_755280.htm
https://www.youtube.com/watch?v=XtlTwY7FSmk

[lia]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini