CEK FAKTA: Video Banjir dan Tanah Longsor Ini Bukan Terjadi di Pati

Kamis, 1 Desember 2022 18:50 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Video Banjir dan Tanah Longsor Ini Bukan Terjadi di Pati CEK FAKTA: Video Banjir dan Tanah Longsor Ini Bukan Terjadi di Pati. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Banjir bandang melanda daerah Pati, Jawa Tengah, diakibatkan hujan lebat pada Rabu (30/11). Di media sosial beredar video banjir yang diklaim terjadi di Pati.

Dalam unggahan terlihat mobil hanyut akibat tersapu derasnya air banjir dan kemudian terekam juga tanah longsor yang disertai hujan yang cukup deras.

"30 Nov 2022 sekitar jam 12.00 badai mengerikan hujan angin beliung sapu Pati," narasi dalam video.

cek fakta video banjir dan tanah longsor ini bukan terjadi di pati
©TikTok

Penelusuran

Cek fakta merdeka.com melakukan penelusuran menggunakan Yandex dengan memasukkan tangkapan layar dari video yang beredar. Hasilnya ditemukan, jika banjir dan longsor dalam video bukan terjadi di Pati, Jawa Tengah.

Pertama banjir yang menghanyutkan sebuah mobil terjadi di Meksiko. Video identik diunggah di situs asal rusia readovka.news pada 14 Agustus 2022.

cek fakta video banjir dan tanah longsor ini bukan terjadi di pati
©readovka.news

Dijelaskan jika banjir Meksiko Utara yang berbatasan dengan AS. Banjir terjadi di negara bagian Sonora, Meksiko. Karena hujan lebat membanjiri kota Nogales dan kota dengan nama yang sama di negara bagian Arizona, AS, tempat perbatasan antara kedua negara bagian berada.

Sedangkan video tanah longsor, terjadi di Malang, Jawa Tinggi. Seperti diunggah akun YouTube iNews.id berjudul "Ngeri, Detik-Detik Tanah Longsor Terekam Kamera di Malang," pada 18 Oktober 2022.

cek fakta video banjir dan tanah longsor ini bukan terjadi di pati
©YouTube iNews.id

Keterangan dalam video, dijelaskan jika hujan deras memicu longsor dan banjir di Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Kesimpulan

Video banjir yang menghanyutkan mobil dan tanah longsor diklaim terjadi Pati, Jawa Tengah adalah keliru. Faktanya video tersebut terjadi tempat dan waktu yang berbeda.

Video banjir terjadi di Meksiko, sedangkan tanah longsor terjadi Malang, Jawa Timur.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.tiktok.com/@miradeliafitriani/video/7172066399173610778?_r=1&_t=8XoK9c3TEGX&is_from_webapp=v1&item_id=7172066399173610778
https://readovka.news/news/108070.amp
https://www.youtube.com/watch?v=2EAX1DC5r3A

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini