CEK FAKTA: Vaksin Covaxin India Diizinkan Untuk Anak di Atas 12 Tahun? Ini Faktanya

Rabu, 19 Mei 2021 11:47 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Vaksin Covaxin India Diizinkan Untuk Anak di Atas 12 Tahun? Ini Faktanya Ilustrasi Vaksin Covid-19. ©2021 REUTERS/Dado Ruvic/File Photo

Merdeka.com - Informasi bahwa vaksin Covid-19 Bharat Biotech Covaxin asal India telah mendapat persetujuan untuk digunakan pada anak-anak di atas usia 12 tahun, beredar di media sosial.

Klaim tersebut disertai dengan narasi peringatan tenaga medis bahwa anak-anak di bawah 18 tahun akan berisiko terkena gelombang ketiga Covid-19.

"Berita Hebat: Covaxin Bharat Biotech (Buatan India) Disetujui untuk Anak-anak di Atas 12 tahun."

cek fakta vaksin covaxin india disetujui untuk anak di atas 12 tahun
Istimewa

Penelusuran

Hasil penelusuran, dilansir dari India Today menjelaskan vaksin Covaxin buatan India ini belum disetujui untuk diberikan pada anak usia di atas 12 tahun.

Saat ini vaksin Covaxin sedang dalalm uji klinis fase II/III untuk kelompok 2-18 tahun. Uji coba itu dilakukan oleh Bharat Biotech terhadap 525 relawan.

Kemenkes India hingga saat ini belum mengeluarkan persetujuan penggunaan vaksin di bawah umur 18 tahun. Kemenkes India, dalam lamannya menyebut bahwa vaksinasi dilakukan pada kelompok yang lebih tua untuk menilai keamanan pada populasi India. Saat ini, sejumlah uji klinis sedang dilakukan terkait vaksin untuk anak-anak.

Sementara itu, dilansir dari BeritaSatu.com dalam artikel berjudul "Untuk Anak-anak, India Akan Uji Coba Vaksin Covid-19 Covaxin" Badan Pengawas Obat India atau Drugs Controller General of India (DCGI) telah menyelesaikan uji klinis fase II dan III vaksin Covid-19 Covaxin untuk anak-anak berusia dua hingga 18 tahun.

"Regulator Nasional negara, DCGI, setelah pemeriksaan yang cermat, telah menerima rekomendasi dari Komite Ahli Subjek dan memberikan izin untuk melakukan uji klinis Fase II / III dari Covaxin (vaksin Covid-19) pada kelompok usia 2 hingga 18 tahun melalui pabrikannya Bharat Biotech Ltd," kata kementerian kesehatan federal, Kamis (13/5).

Menurut kementerian, seperti dilaporkan Xinhua, pembuat Covaxin Bharat Biotech International Ltd., Hyderabad telah mengusulkan untuk melakukan uji klinis Covaxin pada kelompok usia 2 hingga 18 tahun.

Uji coba akan dilakukan pada 525 relawan sehat, kata kementerian itu. Dalam uji coba, vaksin akan diberikan secara intramuskular dalam dua dosis pada hari ke 0 dan hari ke 28.

Kesimpulan

Vaksin Covaxin buatan India belum disetujui untuk diberikan pada anak usia di atas 12 tahun. Namun, saat ini vaksin Covaxin dalam tahap uji klinis Fase II / III dari Covaxin pada kelompok usia 2 hingga 18 tahun.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.indiatoday.in/fact-check/story/covaxin-bharat-biotech-children-above-12-years-1801330-2021-05-11
https://www.beritasatu.com/dunia/773385/untuk-anakanak-india-akan-uji-coba-vaksin-covid19-covaxin [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini