CEK FAKTA: Tumpukan Kantong Plastik Bukan Jenazah Covid, Hanya Properti Video Klip

Rabu, 7 April 2021 14:25 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tumpukan Kantong Plastik Bukan Jenazah Covid, Hanya Properti Video Klip Tumpukan Kantong Plastik Bukan Jenazah Covid. AFP

Merdeka.com - Beredar video yang memperlihatkan kantong-kantong plastik hitam yang diklaim berisi jenazah Covid-19. Salah satu kantong itu, terlihat seorang pria yang kepalanya menyembul sedang merokok.

Video tersebut bernarasi:

"Lebih banyak lagi mayat yang menumpuk akibat COVID, tapi salah satunya menghisap rokok?"

tumpukan kantong plastik bukan jenazah covid
AFP

Penelusuran

Hasil penelusuran Cek Fakta merdeka.com, dilansir dari AFP, kantong-kantong plastik hitam dan pria yang merokok di video itu hanyalah properti dalam video kklip lagu “Never-Ever” karya rapper asal Rusia, Dmitry Nikolayevich Kuznetsov alias Husky.

Penelusuran dilanjutkan dengan mengunjungi kanal YouTube resmi Husky. Video klip lagu berjudul "Never-Ever" diunggah oleh kanal ini pada 26 September 2020.

Pada menit 2:23 di mana terlihat truk berwarna oranye yang sama seperti video yang beredar dan tumpukan tempat kantong plastik hitam dan perlengkapan dinding.

Dalam keterangannya, video klip ini disutradarai oleh Evgeny Bakirov. Sementara direktur fotografinya adalah Kirill Groshev dan desainer produksinya adalah Vasya Ivanov.

Selain itu, di akun Instagram Groshev, ditemukan video yang sama dengan yang disebarkan oleh akun Twitter dan akun Facebook di atas.

Groshev menyimpan video itu di salah satu highlight Instagram Story miliknya yang diberi judul "Husky | N-E". Video itu diunggah 27 pekan yang lalu, sekitar akhir September 2020, waktu yang sama ketika video klip lagu "Never-Ever" dirilis ke YouTube oleh Husky.

Syuting video klip tersebut juga diliput oleh organisasi media Rusia Ren.tv pada 4 September 2020. Manekin yang dibungkus dengan kantong plastik digunakan untuk pembuatan video musik tersebut.

Kesimpulan

Video yang diklaim tumpukan jenazah Covid-19 adalah keliru. Faktanya, kantong-kantong plastik hitam dan pria yang merokok di video itu hanyalah properti dalam video klip lagu "Never-Ever" karya rapper asal Rusia, Dmitry Nikolayevich Kuznetsov alias Husky.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://factcheck.afp.com/video-does-not-show-covid-19-victims-it-shows-russian-music-video-being-filmed
https://cekfakta.tempo.co/fakta/1317/keliru-klaim-ini-video-tumpukan-jenazah-covid-19-yang-salah-satunya-merokok [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini